Ombudsman: Nilai Kepatuhan Standar Pelayanan di Kota Tangerang Turun

Khairul Ma'arif - detikNews
Jumat, 04 Mar 2022 20:58 WIB
Ombudsman Banten menyerahkan hasil penelitian kepatuhan standar pelayanan publik Kota Tangerang.
Ombudsman Banten menyerahkan hasil penelitian kepatuhan standar pelayanan publik Kota Tangerang. (Ombudsman Banten)
Tangerang -

Ombudsman Banten menyerahkan hasil penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik kepada Pemerintah Kota Tangerang. Hasilnya, nilai kepatuhan standar pelayanan publik Kota Tangerang turun.

Kepala Ombudsman Banten, Dedy Irsan mengatakan hasil penilaian tahun 2021 Pemkot Tangerang memperoleh nilai 74,95 dan masuk kategori Zona Kuning dengan predikat kepatuhan sedang. Nilai tersebut turun dari 2019 yang meraih 92,52 predikat kepatuhan tinggi atau zona hijau.

"Ombudsman sudah lima tahun terakhir melaksanakan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Dalam penilaian terakhir 2019 Pemkot Tangerang memperoleh predikat tinggi zona hijau, namun tahun 2021 ini mengalami penurunan berada di zona kuning," ucap Dedy dari keterangan yang diterima wartawan, Jumat (4/3/2022).

Menurutnya, berdasarkan amanat UU tersebut, sudah sepatutnya organisasi perangkat daerah (OPD) penyelenggara pelayanan publik dapat memenuhi komponen standar pelayanan publik. Dia mengungkapkan penilaian ini dilakukan terhadap terhadap 60 produk layanan administrasi.

"Ada tiga OPD yang dinilai, DPMPTSP dan Disdukcapil masuk zona Hijau sementara Dinas Pendidikan Masuk ke zona merah," kata Dedy.

"Untuk mendapatkan predikat kepatuhan tinggi zona hijau, Pemkot Tangerang harus mendapatkan skor nilai 81-100, sedangkan zona kuning skor nilai di 51,00-80,99 dan zona merah 0-50,99," tambah Dedy.

Dedy berharap Pemkot Tangerang akan meningkat dibanding tahun lalu. Jadi, kembali masuk Zona Hijau.

"Kami berharap di tahun ini (2022), ini (Hasil Penilaian Kepatuhan) bisa ditingkatkan sehingga masuk zona hijau," ucap Dedy.

(aik/aik)