ADVERTISEMENT

Prabowo Borong Jet Tempur Rafale, KSAU Siapkan Pilot-Akan Latihan di Prancis

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 04 Mar 2022 10:08 WIB
Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto beberapa waktu lalu sepakat membeli 42 unit pesawat tempur generasi 4,5 Dassault Rafale dengan menekan kontrak awal untuk enam pesawat terlebih dahulu. Terkait hal itu, TNI Angkatan Udara (AU) bakal menyiapkan para penerbang alias pilot.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan saat ini belum ditentukan jumlah pilot untuk jet tempur ini. Namun, kata Fadjar, pihaknya sudah menyiapkan kriteria khusus untuk penerbang jet tempur 'gahar' itu.

"Ini masih kita tindak lanjuti dengan proses yang lain. Karena kita menyiapkan beberapa penerbang, tetapi kita belum tentukan jumlahnya. Tetapi secara kriteria kita sudah siapkan dan yang eligible untuk bisa berangkat," kata Fadjar saat jumpa pers di Mabes TNI AU, Jalan Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (4/3/2022).

Selain itu, Fadjar belum bisa menentukan skuadron terkait hal tersebut. Sebab, kata dia, menempatkan satuan udara dinilai cukup kompleks.

"Lalu juga masalah penempatan, tentunya kita tidak akan jauh-jauh dari yang sudah ada dari sekarang. Karena menempatkan satuan udara cukup kompleks, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, kecuali ke depan kita mendapat perintah untuk menggelar di mana, kita akan siap," ucapnya.

Lebih lanjut, Fadjar mengatakan rencananya para pilot jet tempur Dassault Rafale, selain akan menjalani latihan di dalam negeri, juga akan menjalani latihan di Prancis.

"Latihannya sendiri kita akan dilaksanakan di Prancis dan di dalam negeri," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Menhan Prabowo Subianto mengatakan Indonesia berencana membeli alutsista yang cukup signifikan untuk 'multirole combat aircraft' dengan mengakuisisi 42 pesawat Rafale. Pembelian jet tempur dari Prancis itu diawali dengan menekan kontrak pembelian untuk enam pesawat lebih dulu.

"Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk enam pesawat," kata Prabowo di Kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis (10/2).

Simak juga video 'Prabowo soal Pembelian Jet Tempur Dassault Rafale: Tinggal Aktifkan Kontrak':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT