Menlu Ungkap Proses Evakuasi 80 WNI-3 WNA dari Ukraina Hingga Tiba di RI

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 03 Mar 2022 18:22 WIB
WNI dari Ukraina tiba di Indonesia
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkap 80 warga negara Indonesia dan 3 warga negara asing dari Ukraina telah tiba di Indonesia. Retno menjelaskan seluruhnya tiba setelah menempuh perjalanan 17 jam.

"Pesawat Garuda Indonesia yang membawa pulang warga negara Indonesia dari Ukraina telah mendarat di Tanah Air. 80 warga negara Indonesia dan 3 warga negara asing yang merupakan keluarga WNI berada di dalam rombongan," kata Retno setelah menyambut para WNI seperti disiarkan YouTube Kemenlu RI, Kamis (3/3/2022).

Retno mengatakan poses evakuasi para WNI dan WNA keluarga WNI dimulai pada Selasa (2/3) sekitar pukul 18.40 WIB. Malam tim berangkat untuk melakukan penjemputan dan baru tiba Rabu sore di Ukraina pukul 15.10 waktu setempat.

"Tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bucharest dari Bandara Soekarno-Hatta pada hari Selasa, 2 Maret, pukul 18.40 WIB, dan tiba di Bandara Henri Coanda, Bucharest, 3 Maret, pukul 15.10 waktu setempat," ucap Retno.

Retno menyebut para WNI dan WNA tersebut lantas menunggu sekitar 5,5 jam sebelum akhirnya diizinkan berangkat kembali ke Jakarta. Rute perjalanan yang ditempuh, kata Retno, yakni Bucharest, Madinah, dan Jakarta.

"Pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat. Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest, Madinah, Jakarta, dengan waktu tempuh kurang-lebih 17 jam," ujarnya.

Retno menyebut perjalanan para WNI dilalui dengan tidak mudah. Menurutnya, mereka harus melalui sejumlah pemeriksaan lantaran pemberlakuan jam malam di Ukraina.

"Perjalanan yang harus dilalui oleh para WNI sangat tidak mudah, harus melalui sejumlah pemeriksaan dan di tengah jam malam yang berlaku di sana," tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi WNI yang ada di Ukraina ke Tanah Air. Menggunakan pesawat, para WNI tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pesawat yang membawa WNI itu mendarat pada Kamis (3/3/2022) sekitar pukul 17.28 WIB, yang disiarkan melalui YouTube Kemlu RI. Para WNI disambut langsung oleh Menlu RI Retno Marsudi.

Simak Video 'Momen Kedatangan WNI di Tanah Air Usai Dievakuasi dari Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/imk)