4 WNI Berhasil Keluar dari Kharkiv, Medan Tempur di Ukraina

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 03 Mar 2022 17:58 WIB
A member of the Ukrainian Emergency Service looks at the City Hall building in the central square following shelling in Kharkiv, Ukraine, Tuesday, March 1, 2022. (AP Photo/Pavel Dorogoy)
Kota Kharkiv yang luluh lantak pasca-invasi Rusia (AP Photo/Pavel Dorogoy)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia telah mengevakuasi WNI dari Ukraina, yang sedang diinvasi oleh Rusia. Ada empat WNI yang dievakuasi dari tempat medan tempur di Kharkiv, Ukraina.

"Hari ini terdapat empat warga Indonesia di Kharkiv. Dan sudah dapat keluar dari Kharkiv dan tiba Lviv dengan selamat. Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina, dan pertempuran masih berlangsung di kota tersebut," kata Menlu RI Retno Marsudi dalam jumpa pers, Kamis (3/3/2022).

Perjalanan yang dilalui oleh para WNI pun tidak mudah. Para WNI yang dievakuasi harus melewat sejumlah pemeriksaan di tengah pemberlakuan jam malam.

"Perjalanan yang harus dilalui para WNI sangat tidak mudah. Harus melewati sejumlah pemeriksaan di tengah jam malam yang berlaku di sana," ungkapnya.

Retno juga menjelaskan tim KBRI Warsawa, Polandia, juga telah bertemu empat orang WNI yang dievakuasi ini. Mereka sudah bertemu dengan tim penjemput di Lviv.

"Tim KBRI Warsawa sudah bertemu menjemput mereka, empat orang WNI tersebut dan bergabung pula satu tambahan WNI yang sudah tiba dan bertemu tim penjemput di Lviv," tuturnya.

Selanjutnya, mereka akan dibawa ke safe house yang ada di Polandia. Mereka juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan sembari menunggu kepulangan ke Indonesia.

"Kemudian mereka akan dibawa ke safe house, rest house, Polandia untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk PCR. Setelah itu, mereka akan dibawa ke Warsawa untuk menunggu kepulangan ke Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, pesawat yang membawa WNI itu mendarat pada Kamis (3/3/2022) sekitar pukul 17.28 WIB, yang disiarkan melalui YouTube Kemlu RI. Para WNI disambut langsung oleh Menlu RI Retno Marsudi.

Simak Video 'Momen Kedatangan WNI di Tanah Air Usai Dievakuasi dari Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)