ADVERTISEMENT

Positif Corona, 12 WNI Dievakuasi dari Ukraina Masih di Rumania

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 03 Mar 2022 17:54 WIB
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan 14 WNI yang dievakuasi dari Ukraina masih tinggal di Bucharest, Rumania. Sebanyak 12 dari 14 WNI itu mengalami positif Corona.

"Terdapat 14 evacuate yang masih harus tinggal di Bucharest dan belum dapat ikut dalam rombongan kepulangan ini. Dari tes yang dilakukan, 12 orang evacuate diketahui positif COVID-19, sementara 2 orang lainnya tinggal di Bucharest untuk menemani anak mereka yang positif COVID-19," kata Retno dalam siaran YouTube Kemlu RI, Kamis (3/3/2022).

Retno mengatakan WNI yang tiba di Indonesia sebanyak 80 orang. Mereka berangkat dari Rumania menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Pesawat Garuda Indonesia yang membawa pulang warga negara Indonesia dari Ukraina telah mendarat di Tanah Air. 80 warga negara Indonesia dan 3 warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI berada di dalam rombongan," katanya.

Retno menambahkan bahwa 14 WNI yang masih di Bucharest akan terus dipantau oleh KBRI. Mereka akan dipulangkan ke Indonesia menggunakan pesawat komersial saat kondisi kesehatan sudah membaik.

"(Sebanyak) 14 orang tersebut akan terus dipantau dan terus didampingi oleh KBRI Bucharest. Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi WNI yang ada di Ukraina ke Tanah Air. Menggunakan pesawat, para WNI tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pesawat yang membawa WNI itu mendarat pada Kamis (3/3/2022) sekitar pukul 17.28 WIB, yang disiarkan melalui YouTube Kemlu RI. Para WNI disambut langsung oleh Menlu RI Retno Marsudi.

(lir/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT