Catur Brata Penyepian, Ini 4 Aturan yang Dijalankan Umat Hindu Saat Nyepi

ADVERTISEMENT

Catur Brata Penyepian, Ini 4 Aturan yang Dijalankan Umat Hindu Saat Nyepi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Mar 2022 16:00 WIB
Pecalang atau petugas pengamanan desa adat di Bali memantau situasi jalan raya saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 di wilayah Desa Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Kamis (3/3/2022). Pengamanan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 di desa tersebut untuk menjamin keamanan dan kelancaran umat Hindu dalam menjalani
Catur Brata Penyepian, Ini 4 Aturan yang Dijalankan Umat Hindu Saat Nyepi - Suasana Nyepi di Bali (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Jakarta -

Catur Brata Penyepian memiliki sejumlah ritual yang dilakukan setiap Hari Raya Nyepi oleh umat Hindu. Ritual ini dilakukan selama satu hari penuh atau 24 jam.

Selama dilaksanakannnya Catur Brata Penyepian, seluruh aktivitas di Pulau Bali diistirahatkan total. Bahkan untuk menghormati Nyepi, seluruh akses menuju Pulau Bali ditutup sementara.

Lalu apa itu Catur Brata Penyepian? Apa saja aturannya? Simak ulasan berikut ini.

Makna Catur Brata Penyepian

Dilansir dari Surat Edaran Parisada Hindu Dharma Indonesia tentang pelaksanaan Hari Raya Nyepi, Catur Brata Penyepian adalah sebuah rituan tahunan yang memiliki spirit kultural yang berisi 4 larangan. Ritual ini harus dilakukan tanpa ada bunyi pengeras suara dan tidak menyalakan lampu pada waktu malam hari. Namun ritual ini dikecualikan bagi yang sakit atau membutuhkan layanan untuk keselamatan dan hal-hal lain dengan alasan kemanusiaan.

Ini Aturan dalam Catur Brata Penyepian

  1. Amati Geni: Dilarang menyalakan api/lampu termasuk api nafsu yang mengandung makna pengendalian diri dari segala bentuk angkara murka.
  2. Amati Karya: Dilarang melakukan kegiatan fisik/kerja dan yang terpenting adalah melakukan aktivitas rohani untuk penyucian diri
  3. Amati Lelungan: Dilarang berpergian ke luar rumah, akan tetapi senantiasa introspeksi diri dengan memusatkan pikiran astiti bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi /Ista Dewata.
  4. Amati Lelanguan: Dilarang mengadakan hiburan/rekreasi yang bertujuan untuk bersenang-senang, melainkan tekun melatih bathin untuk mencapai produktivitas rohani yang tinggi.

Kini Catur Brata Penyepian sudah diketahui. Untuk menghormati Hari Raya Nyepi, sejumlah aktivitas dan layanan juga dihentikan sementara. Mulai layanan internet hingga mesin ATM. Berikut ulasannya.

Layanan Internet Dimatikan

Layanan internet seluler dan Internet Protocol Television (IPTV) dimatikan mulai Kamis, 3 Maret 2022 pukul 06.00 WITA sampai Jumat 4 Maret 2022 pukul 06.00 WITA.

Seluruh layanan data seluler di HP akan dimatikan. Adapun layanan internet pada objek vital dan untuk kepentingan umum lainnya masih tetap berjalan. Objek vital tersebut seperti layanan rumah sakit, kantor kepolisian, militer, BPBD, BMKG, BASARNAS, bandara, pemadam kebakaran, dan lainnya yang sejenis tetap beroperasional.

Adapun layanan telepon, SMS dan internet fiber optik tetap dapat digunakan selama Nyepi dengan tujuan memudahkan masyarakat jika perlu mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan.

Sebelum dihentikan, masyarakat Bali sudah menerima SMS pemberitahuan terkait penonaktifan layanan internet sementara.

Catur Brata Penyepian dan sederet larangannya telah diketahui. Simak kebijakan lainnya yang diatur selama Nyepi di Bali.

Simak juga 'Melihat Langsung Gong Perdamaian Dunia di Jepara':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT