ADVERTISEMENT

Antisipasi Macet 'Horor' di Puncak Saat Nyepi, Begini Langkah Polres Bogor

Rizky Ahda Mahendra - detikNews
Kamis, 03 Mar 2022 10:30 WIB
Bogor -

Polisi menerapkan langkah antisipasi kemacetan 'horor' jalur Puncak, Kabupaten Bogor, pada libur Nyepi dan akhir pekan ini. Langkah pertama adalah menempatkan 185 personel, yang disebar di titik rawan kemacetan.

"Anggota yang sudah tergelar di sepanjang jalur Puncak sejumlah 185 personel di setiap titik-titik yang berpotensi menjadi tempat peningkatan volume kendaraan," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/3/2022).

Polisi juga menjaga jalur-jalur alternatif menuju kawasan Puncak. Tim patroli akan dikerahkan di sepanjang jalur Puncak guna mengurai simpul kemacetan.

"Jalur-jalur alternatif yang mengarah pada jalur utama juga kami lakukan penjagaan. Kemudian tim patroli untuk mengurai apabila titik-titik simpul kemacetan juga terus melakukan patroli di sepanjang jalur Puncak," terangnya.

Ganjil genap akan terus diterapkan selama 24 jam. Apabila volume kendaraan tampak meningkat, polisi juga akan menerapkan sistem satu arah atau one way.

"Memang ganjil genap masih terus kami terapkan. Kemudian dalam jam-jam tertentu ketika membutuhkan pengurasan volume kendaraan yang meningkat, maka one way atau satu arah juga kami terapkan," ungkapnya.

Petugas menyiapkan tim bengkel dan kendaraan derek untuk mengantisipasi apabila terjadi mogok kendaraan. Kendaraan tersebar di tiga titik, yaitu di bawah (sekitar Simpang Gadog), Gunung Mas, dan Taman Wisata Matahari.

"Kami sudah menyiapkan tim bengkel untuk membantu warga masyarakat yang apabila kendaraannya memang sudah terindikasi ada masalah. Kemudian tempat-tempat parkir juga sudah disediakan, mobil derek juga sudah disediakan. Tiga mobil derek sudah ditempatkan, mulai di bawah, Gunung Mas, dan TWM," terangnya.

Seperti diketahui, long weekend kemarin terjadi kemacetan 'horor' di Jalur Puncak, Bogor. Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana mengungkapkan kemacetan 'horor' pada Sabtu (27/2) terjadi karena adanya kendaraan yang mogok. Kendaraan mogok terjadi di sejumlah titik di jalur Puncak.

"Kemarin terjadi kepadatan dikarenakan ada beberapa kendaraan yang mengalami mogok di pinggir jalan, di tengah jalan. Ada sekitar 10 kendaraan yang itu akhirnya mengakibatkan antrean yang cukup panjang," kata Irjen Suntana saat memantau lalu lintas Puncak di Pos Gadog, Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2).

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT