KSAL: Kapal Selam Scorpene Memenuhi Syarat untuk Perairan RI

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 02 Mar 2022 17:06 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau kesiapan tambahan bed ICU dan HCU untuk pasien COVID-19, di RSAL Dr Ramelan Surabaya. Total ada 70 bed tambahan.
KSAL Laksamana Yudo Margono (Esti Widiyana/detikcom)
Jakarta -

TNI AL setuju dengan rencana pembelian dua kapal selam Scorpone dari Prancis. Pembelian dua kapal itu direncanakan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kapal selam Scorpene merupakan kapal selam yang memenuhi syarat di perairan Indonesia. Dia menyebut sebelumnya meminta pengadaan kapal selam di atas 1.300 gross tonnage (GT).

"Saya kemarin mintanya kalau bisa di atas 1.300 GT. Scorpene ini lebih dari 1.300, tentunya memenuhi syarat untuk di perairan kita, seperti yang sekarang kita punya ini kan besarnya 1.400," kata Yudo di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (2/3/2022).

Tak hanya kapasitas kapal selam, Yudo pun mengaku sudah mengecek aspek-aspek lain dari kapal selam Scorpene. Dia pun mengaku telah berdiskusi panjang sebelum memutuskan sikap.

"Kemarin sudah kita cek juga tentang kapal selam Scorpene memenuhi syarat apabila itu diadakan. Kita setuju karena sudah melalui diskusi yang panjang untuk kapal selam yang besar itu," lanjutnya.

Seperti diketahui, Indonesia tidak hanya membeli 42 unit jet tempur Rafale dari Prancis. Lebih dari itu, Indonesia juga mengakuisisi dua kapal selam produksi Naval Group.

PT PAL Indonesia dan Naval Group sepakat menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) kerja sama strategis pada Kamis, 10 Februari 2022, di kantor Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Acara tersebut dihadiri Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, CEO dan jajaran BoD PAL, Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly, CEO Naval Group, beserta jajaran pemangku kepentingan lain.

"Penandatanganan MoU kerjasama bidang research and development tentang kapal selam antara PAL dan Naval Group, yang akan mengarah pada pembelian dua unit kapal selam Scorpene dengan teknologi AIP dan lengkap dengan persenjataannya" kata Menhan Prabowo dikutip dari situs resmi PT PAL, Jumat (11/2).

(aud/aud)