Ainun Najib Kembali Dirayu Jokowi Pulang ke RI, Lihat Lagi Kiprahnya

ADVERTISEMENT

Ainun Najib Kembali Dirayu Jokowi Pulang ke RI, Lihat Lagi Kiprahnya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 02 Mar 2022 12:56 WIB
Ainun Najib (Dok. Linkedin Ainun Najib)
Foto: Ainun Najib (Dok. Linkedin Ainun Najib)
Jakarta -

Ainun Najib kembali dirayu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pulang ke tanah air. Kiprah talenta digital asal Indonesia ini memang sudah dikenal sejak lama di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi nu.or.id, Ainun Najib adalah seorang warga NU yang lahir di Gresik, Jawa Timur pada 20 Oktober 1985. Berikut profil Ainun Najib

Pendidikan dan Prestasi Ainun Najib

Prestasi gemilangnya di bidang sains dan teknologi sudah tampak sejak bersekolah di SMAN 5 Surabaya. Ia pernah meraih penghargaan honorable mention setelah menjadi anggota tim Indonesia dalam Olimpiade Informatika Asia-Pasifik 2003.

Ainun Najib lantas melanjutkan pendidikan sarjana di Jurusan Teknik Komputer, Universitas Teknologi Nanyang (NTU) Singapura. Ainun bahkan pernah mewakili NTU dalam perlombaan pemrograman perguruan tinggi internasional atau ACM ICPC pada 2006-2007, bersama dua mahasiswa Indonesia lainnya. Tim tersebut menjuarai ACM ICPC level regional Asia di Teheran, Iran, pada 2006.

Kiprah Ainun Najib di Dunia Kerja

Usai lulus dari NTU, ia bergabung dengan IBM Singapura sebagai software engineer. Kini, ia menjabat Head of Analytics, Platform & Regional Business di Grab Singapura.

Sementara itu, kiprahnya di sejumlah gerakan sosial juga tampak. Berikut inisiatif yang digagas Ainun Najib:

  • KawalPemilu, inisiatif gerakan sosial untuk mengawal Pemilu 2019
  • KawalCOVID, inisiatif memantau pengumpulan data kasus Corona di Indonesia.

PBNU Diminta Jokowi Bajak Ainun Najib

Berkat prestasinya ini, nama Ainun Najib disebut Presiden Jokowi dalam acara Pengukuhan Pengurus Besar dan Harlah ke-95 PBNU. Jokowi mendorong PBNU 'membajak' Ainun Najib dari perusahaan Singapura.

Jokowi mulanya membayangkan bahwa NU nantinya bisa memiliki platform teknologi. Misalnya platform edutech yang bisa memfasilitasi jutaan santri untuk mengaji. Jokowi lantas menyebut nama Ainun Najib.

"Saya kenal satu orang, yang lain masih banyak. Beliau ini kerja di Singapura. Sudah lama, 7 tahun yang lalu. Ngerjain ini semuanya apa pun bisa. Namanya Mas Ainun Najib. Masih muda sekali. NU," kata Jokowi di Balikpapan, Senin (31/1/2022).

Ainun Najib Dirayu Jokowi Lagi

Presiden Jokowi kembali merayu Ainun Najib dan para talenta digital asal Indonesia yang berada di luar negeri agar pulang ke Tanah Air. Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan Sea Labs Indonesia.

Lewat video, Jokowi berbincang dengan Ainun Najib selaku Head of Analytics Platform and Regional Business Grab di Singapura, Veni Johanna selaku Director of Engineering Asana di Amerika Serikat, Chairuni Aulia Nusapati selaku Software Engineer Google di UK, dan Rangga Garmastewira selaku Technology Lead SeoMoney di Singapura.

"Mas Ainun Najib, ini saya sudah kenal lama," ujar Jokowi mengawali perbincangannya dengan Ainun Najib seperti disiarkan secara virtual, Selasa (1/3/2022).

"Turut berdukacita, Pak, atas wafatnya Pakde Miyono," timpal Ainun Najib.

Presiden JokowiPresiden Jokowi Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi pun melemparkan pertanyaan kepada Ainun Najib. Jokowi ingin membujuk para talenta digital Indonesia kembali ke Tanah Air.

"Saya mau tanya gimana, sih, agar Chai, Veni, Rangga, termasuk Ainun juga mau pulang ke Indonesia?" tanya Jokowi.

Ainun Najib lalu menyampaikan jawabannya ke Jokowi. Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Momen Jokowi Rayu Ainun Najib untuk Pulang ke RI':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT