Jokowi Tanya Cara Agar Talenta Digital Pulang ke RI, Ainun Najib Bilang Begini

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 01 Mar 2022 12:02 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: YouTube Shopee Indonesia)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan salah satu talenta digital asal Indonesia, Ainun Najib. Jokowi bertanya kepada Ainun Najib soal cara agar talenta digital pulang ke Tanah Air.

Jokowi berbincang dengan sejumlah talenta digital Indonesia dalam peresmian Sea Labs Indonesia seperti ditayangkan di akun YouTube Shopee Indonesia, Selasa (1/3/2022). Jokowi berbincang melalui video dengan Ainun Najib selaku Head of Analytics Platform and Regional Business Grab di Singapura, Veni Johanna selaku Director of Engineering Asana di Amerika Serikat, Chairuni Aulia Nusapati selaku Software Engineer Google di UK dan Rangga Garmastewira selaku Technology Lead SeoMoney di Singapura.

Saat berbincang dengan Ainun Najib, Jokowi mengaku sudah mengenalnya sejak lama. Ainun dalam kesempatan itu mengucapkan dukacita atas wafatnya paman dari Jokowi.

"Mas Ainun Najib, ini saya sudah kenal lama," ujar Jokowi.

"Turut berduka cita Pak, atas wafatnya Pakde Miyono," ujar Ainun Najib.

Jokowi kemudian bertanya soal cara agar talenta digital Indonesia pulang ke Indonesia.

"Saya mau tanya gimana sih agar Chai, Veni, Rangga termasuk Ainun juga mau pulang ke Indonesia?" tanya Jokowi.

Ainun mengungkap ada dua hal yang perlu diperhatikan. Menurut Ainun, kunci pertama adalah opportunity atau kesempatan.

"Kuncinya dua mawon Pak, opportunity dan stability. Opportunity ini tentu Indonesia punya banyak sekali opportunity sebagai satu dari pemain besar di market terbesar ketiga di dunia, Southeast Asia," jawab Ainun.

Kunci kedua, sambung Ainun, adalah stabilitas. Ainun juga menyinggung soal putra Presiden Jokowi yang sekolah di Singapura.

"Nah stability ini mungkin yang agak tricky. Ada yang mungkin karena pertimbangan keluarga, ada yang pertimbangan stabilitas karir terus kalau saya pribadi pendidikan anak-anak, nggak mau kalah dengan putra-putra jenengan Pak sekolah di Singapura. Jadi stability itu mungkin masih perlu diperbaiki," imbuh Ainun.

Peran Diaspora Indonesia

Dalam kesempatan itu, Ainun Najib membeberkan peran diaspora untuk Indonesia mulai dari menjadi inspirasi hingga melakukan eksekuasi gagasan. Dia mengatakan para diaspora selalu cinta Tanah Air.

"Menurut saya ada tiga perannya, yang pertama itu inspirasi atau referensi. Jadi menjadi benchmark buat teman-teman yang ada di Indonesia, terutama yang lebih muda. Yang kedua advokasi, jadi bisa memberikan advice dari jauh untuk teman-teman yang di Indonesia," beber Ainun.

"Yang ketiga eksekusi, eksekusi pun bisa dari jauh Pak. Dan kami sering melakukannya inisiatif-inisiatif yang dilakukan bersama-bersama oleh temen-temen diaspora. Misalnya kawal-kawalan itu juga kan sebetulnya semuanya anak diaspora yang cinta Tanah Air, walau fisiknya tidak bisa kembali tapi hatinya selalu bersama Indonesia," sambung dia.

Simak Video 'Profil Ainun Najib yang Diminta Jokowi Pulang ke Tanah Air':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)