ADVERTISEMENT

Total Korban Gempa Sumbar: 10 Orang Tewas, 4 Masih Hilang

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 26 Feb 2022 18:54 WIB
Foto udara masjid yang runtuh akibat gempa di Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa berkekuatan magnitudo 6,2 di Pasaman Barat dan sekitarnya itu mengakibatkan tujuh warga meninggal dunia. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Dampak gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta -

Jumlah korban jiwa dari gempa di Sumatera Barat kini mencapai 10 orang. Jumlah itu merupakan hasil penghitungan dari wilayah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

"Kita pastikan sampai satu jam yang lalu, korban jiwa itu enam orang di Kabupaten Pasaman. Kita temukan satu lagi jenazah dari lima yang dilaporkan hilang," kata Bupati Pasaman Benny Utama dalam siaran jumpa pers via kanal YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (26/2/2022).

"Empat orang lagi belum kita temukan. Terus kita upayakan pencariannya," kata Benny Utama.

Di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, terhitung ada empat orang meninggal akibat gempa itu. Di luar itu, ada puluhan orang yang sakit.

"Warga kita yang meninggal empat orang, yang sakit 42 orang, dirawat di puskesmas dan dirujuk ke rumah sakit," kata Bupati Pasaman Barat H Hamsuardi.

Jumlah pengungsi di Kabupaten Pasaman Barat mencapai 10 ribu orang. Sebagian pengungsi ada di halaman kantor Bupati. Posko utama didirikan di rumah dinas Bupati.

"Kita telah mendapat bantuan berbagai pihak, kita menerima Rp 500 juta, dari BNPB, Bank Indonesia, PLN, dan rekan-rekan Bupati, Wali Kota Sumatera Barat, diantar Pak Wali Kota Parimanan, dan juga kiriman dari daerah-daerah lain," kata dia.

Simak juga 'Suasana Kepanikan Saat Gempa Guncang di RS dr M Djamil Padang':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT