ADVERTISEMENT

Duka Korban Gempa Pasaman Barat Duka Kita Juga, Mari Bantu!

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 26 Feb 2022 18:03 WIB
Foto udara masjid yang runtuh akibat gempa di Nagari Kajai, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa berkekuatan magnitudo 6,2 di Pasaman Barat dan sekitarnya itu mengakibatkan tujuh warga meninggal dunia. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Kerusakan akibat gempa Pasaman Barat (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta -

Gempa bumi berkekuatan M 6,1 yang mengguncang Pasaman Barat pada Jumat (25/2/2022) meninggalkan duka. Delapan orang meninggal dan ribuan lainnya mengungsi.

Berdasarkan data hingga Sabtu (26/2/2022) pukul 02.35 WIB, sebanyak tiga orang korban jiwa berasal dari Kabupaten Pasaman Barat dan lima orang lainnya di Kabupaten Pasaman. Puluhan orang terluka akibat gempa ini.

Gempa yang terasa hingga Malaysia saking kuatnya ini juga mengakibatkan 6.002 warga yang mengungsi akibat gempa. Tak hanya itu, kerusakan pun tak terhindarkan.

Total kerusakan yang dipicu gempa antara lain 103 unit rumah rusak berat, 5 unit rusak sedang, 317 unit rusak ringan, 3 unit fasilitas pendidikan rusak berat, hingga aula Bupati Pasaman Barat yang mengalami kerusakan ringan.

Warga menaiki bus untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman pascagempa di Nagari Aua Kuning, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022). Pascagempa berkekuatan magnitudo 6,2 sebagian warga memilih mengungsi dan menjauh dari episentrum gempa karena masih terjadi gempa susulan yang menyebabkan longsor. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.Warga menaiki bus untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman pascagempa di Nagari Aua Kuning, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022). Pascagempa berkekuatan magnitudo 6,2, sebagian warga memilih mengungsi dan menjauh dari episentrum gempa karena masih terjadi gempa susulan yang menyebabkan longsor. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww).

Sahabat Baik, kini ribuan orang mengungsi akibat gempa ini. Mereka kehilangan harta benda dan keluarga. Duka mereka duka kita juga. Jangan biarkan mereka menghadapinya sendirian.

Berikan kebaikan hatimu untuk mereka dengan donasi sekarang juga melalui berbuatbaik.id CTARSA Foundation. Donasi dapat diberikan lewat LINK BERIKUT INI.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang diikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

Simak Video 'Korban Luka-luka Akibat Gempa di Pasaman Berdatangan ke RS':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT