Norwegia Unggah Daftar Negara PBB yang Kecam Invasi Rusia, Kok RI Tak Ada?

ADVERTISEMENT

Norwegia Unggah Daftar Negara PBB yang Kecam Invasi Rusia, Kok RI Tak Ada?

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 26 Feb 2022 15:15 WIB
Krisis Ukraina: Rusia-AS Saling Tuding di KTT Dewan Keamanan PBB
Foto ilustrasi (DW News)
Jakarta -

Rusia menggunakan hak veto untuk membatalkan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengecam invasi terhadap Ukraina. Norwegia mengunggah satu halaman daftar negara-negara pengecam Rusia. Tak ada nama Indonesia di dalamnya. Apakah nama Indonesia ada di halaman kedua yang tak diunggah Norwegia?

Akun Twitter resmi Misi PBB Norwegia di New York (NorwayUN), yakni @NorwayUN, mengunggah selembar berkas daftar negara-negara pendukung draf resolusi untuk mengakhiri agresi Rusia terhadap Ukraina. Misi PBB Norwegia di New York mengunggahnya pada Sabtu (26/2/2022).

"Hari ini 11 anggota DK PBB memilih mendukung draf Resolusi untuk mengakhiri agresi Rusia terhadap Ukraina yang telah melanggar Piagam PBB. Kelompok lintas negara dari 67 negara anggota PBB mendukung teks ini," cuit NorwayUN.

Satu akun bertanya, apakah pihak Norwegia (akun Twitter @NorwayUN)ini bisa membagikan daftar negara-negara yang mendukung resolusi itu atau tidak lewat Twitter. Kemudian, akun Norwegia ini membagikan foto berisi daftar negara-negara dengan mencantumkan teks.

"Jumlah akhir dari para pendukung sebenarnya lebih dari 80," cuit NorwayUN.

Ada 80 negara dalam daftar yang dicantumkan NorwayUN. Tak ada Indonesia di dalamnya. Apakah Indonesia tidak mengecam invasi Rusia terhadap Ukraina? Belum jelas betul. Barangkali nama Indonesia ada di lembar kedua yang tidak dicantumkan oleh akun Twitter Norwegia ini, barangkali juga tidak begitu.

Lembaran daftar negara pendukung resolusi DK PBB mengecam invasi Rusia ke Ukraina. (Akun Twitter @NorwayUN)Lembaran daftar negara pendukung resolusi DK PBB mengecam invasi Rusia ke Ukraina. (Akun Twitter @NorwayUN)

detikcom mencoba menghubungi Wakil Tetap RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Arrmanatha Nasir, namun hingga saat ini dia belum membalas pesan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Teuku Faizasyah hanya menjawab singkat sampai saat ini, "Resolusi DK (Dewan Keamanan PBB) tersebut tidak diadopsi." Dia menjanjikan penjelasan lebih lanjut.

Simak Video 'Reaksi Diplomat usai Rusia Veto Resolusi PBB soal Invasi ke Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT