ADVERTISEMENT

Dijerat Pasal TPPU Bikin Indra Kenz Terancam Dimiskinkan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 26 Feb 2022 13:49 WIB
Indra Kenz
Foto: dok. Instagram/@indrakenz
Jakarta -

Tersangka kasus dugaan investasi bodong aplikasi Binomo Indra Kenz dijerat dengan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Kini crazy rich asal Medan tersebut terancam dimiskinkan.

Indra Kenz diketahui saat ini telah ditahan oleh Bareskrim Polri. Ia ditahan di Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan (Jaksel), selama 20 hari ke depan sejak Sabtu (25/2).

"Iya, langsung ditahan mulai tadi dini hari tanggal 25 Februari 2022," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan saat dimintai konfirmasi, Jumat (25/2/2022).

Atas kasusnya, Indra Kenz pun terancam hukuman penjara selama 20 tahun.

"Ancaman hukuman terhadap yang bersangkutan 20 tahun," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (22/2).

Indra Kenz diduga telah melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) hingga penipuan. Ia dijerat dengan pasal berlapis terkait TPPU dan UU ITE.

"Pasal yang disangkakan adalah Pasal 45 ayat 2 juncto Pasal 27 ayat 2 UU ITE. Kemudian Pasal 45 ayat 1 juncto Pasal 28 ayat 1 UU ITE. Kemudian Pasal 3 ayat 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Selanjutnya Pasal 5 UU No 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Kemudian Pasal 10 UU No 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Kemudian Pasal 378 KUHP juncto Pasal 55 KUHP," ucap Ramadhan.

Aset Indra Kenz dalam Penelusuran

Selain ditahan, aset-aset milik Indra Kenz kini dalam radar penelusuran Bareskrim Polri. Polisi menyebut akan melacak sejumlah aset milik Indra Kenz yang berkaitan dengan perkara ini.

"Kemudian tindak lanjut dari penyidikan, yang pertama, penyidik akan melakukan tracing terhadap aset milik Saudara IK (Indra Kenz) yang terkait dengan transaksi yang dilakukan yang ada hubungannya dengan perkara kasus ini," kata Ramadhan dalam jumpa pers virtual, Jumat (25/2).

Aset yang dimaksud adalah sejumlah aliran dana milik Indra Kenz yang berkaitan dengan kasus Binomo.

"Aset itu akan dilakukan tracing terkait aliran dana yang berkaitan dengan trading option yang terkait perkara ini," ucapnya.

Beberapa aset milik Indra Kenz yang sudah disita polisi. Beberapa di antaranya berupa akun YouTube, rekening koran, hingga iPhone 13.

"Yang disita, pertama, rekening koran para korban. Kemudian, kedua flash disk berisi konten YouTube milik tersangka, kemudian bukti transaksi deposit, kemudian yang keempat akun G-mail tersangka, yang kelima akun YouTube milik tersangka, yang keenam 1 buah handphone jenis iPhone 13 milik tersangka. Itu yang disita," tutur Ramadhan.

Indra Kenz sebelumnya sempat menjadi sorotan karena menyebut miskin adalah privilege. Ia bahkan belum lama mengeluarkan buku dengan judul 'Terlahir Miskin = Privilege'.

Tidak hanya itu, gaya hidup Indra Kenz pun tak lepas jadi perhatian. Salah satunya adalah aksi Indra Kenz yang mengaku iseng beli mobil mewah pukul 3 pagi dibayar cash.

Simak Video 'Jejak Kasus Binomo Indra Kenz hingga Ditetapkan Jadi Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT