Cerita di Balik Pelat Nomor 'KIAIKU' Milik Gus Mus

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 26 Feb 2022 09:37 WIB
Pelat nomor K 141 KU milik Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus, Sabtu (26/2/2022).
Pelat nomor K-141-KU milik Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus, Sabtu (26/2/2022). (Febrian Chandra/detikcom)
Jakarta -

Mobil milik KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus teregistrasi dengan pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) cantik, yaitu K-141-KU, yang jika dieja bisa terbaca KIAIKU. Tokoh agama kenamaan dari Kabupaten Rembang ini sejak lama memasang nomor cantik itu di mobilnya, dan saat ini terpasang di mobil Toyota Vellfire miliknya.

"Saya mulai menjadi sopir pribadi Abah (Gus Mus) dari tahun 2012. Dari sebelum menjadi sopir pribadi, pelat tersebut sudah ada tertempel di mobil Abah," kata sopir pribadi Gus Mus, Khoirul Umam, dikutip dari detikJateng, Sabtu (26/2/2022).

Irul menjelaskan awalnya pelat nomor tersebut dimiliki oleh KH Muadz Thoir dari Kajen, Kabupaten Pati, sebelum berpindah tangan ke Gus Mus. Meski kerap berganti jenis mobil, Gus Mus tetap memakai pelat K-141-KU.

Irul juga bercerita, meski memiliki pelat nomor cantik, Gus Mus tidak mendapatkan perlakuan istimewa saat di jalan. Irul pun mengungkapkan Gus Mus tak suka dikawal saat di jalan.

"Dikawal patwal seperti itu maksudnya? Abah nggak mau jika dikawal-kawal saat di jalan. Ya normal seperti orang-orang pada umumnya," jelasnya.

Bahkan Irul mengaku beberapa kali kena tilang Polisi Lalu Lintas (Polantas) seperti di Semarang, Ngawi, Ponorogo, saat mengemudikan mobil Gus Mus. "Waktu itu saya nyetirnya melewati marka jalan," imbuh dia.

Baca informasi selengkapnya di sini.

Simak juga 'Ini Alasan Pelat Nomor Kendaraan Diganti Putih dan Pakai Chip':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/dnu)