Bawa 'Sapi', Jajaka Nusantara Demo di Kedubes India Jaksel

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 25 Feb 2022 12:28 WIB
Massa Jajaka Nusantara gelar aksi damai di depan Kedubes India (Dok. Aboy)
Jakarta -

Massa aksi yang tergabung dalam Jawara Jaga Kampung (Jajaka) Nusantara Kabupaten Bekasi menggelar aksi damai di depan Kedutaan Besar India, Setiabudi, Jakarta Selatan. Massa Jajaka Nusantara membawa 'sapi' dalam aksi tersebut.

Koordinator aksi, Aboy Maulana, mengatakan patung sapi diberikan sekitar pukul 10.30 WIB. Dia mengatakan hal ini dilakukan sebagai bentuk toleransi dan juga penghormatan kepada pemerintah India.

"Tadi kita ada drama tentang bagaimana kita saling toleransi, kita bawa patung sapi, lalu patung sapinya kita kasih bunga. Itu tanda kita menghormati apa yang dihormati oleh pihak India," kata Aboy Maulana di lokasi, Jumat (25/2/2022).

Lebih lanjut, Aboy mengatakan sebanyak 150 orang ikut serta dalam aksi damai tersebut. Dia menuturkan, aksi ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap umat muslim di India.

Dengan dilakukannya aksi ini, pihaknya meminta Kedubes untuk bisa menindak apa yang tengah menjadi persoalan terkait umat muslim di India.

"Meminta kepada pemerintah India, untuk menghentikan kegiatan atau yang sudah kita lihat selama ini, intimidasi bahkan genosida terhadap umat muslim di India," kata dia.

"Mudah-mudahan dengan aksi ini, pemerintah India bisa menghentikan bisa menindak kegiatan kekerasan yang ada di sana," imbuhnya.

Aboy mengatakan aksi mereka ini tidak ada hubungan dengan massa Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang juga akan menggelar aksi di Kedubes India siang ini.

"Kami dari Jajaka Nusantara, bukan dari PA 212, ormas jadi tidak ada gabungan dengan lain lain, ini khusus Jajaka Nusantara aja," ujar Aboy.

Dia menambahkan, pihaknya sudah menyerahkan surat yang berisi tuntutan dan juga patung sapi kepada pihak Kedubes. Setelah menggelar salat jumat, massa aksi akan segera meninggalkan lokasi.

Lihat juga video 'Ratusan Muslimah India Protes Larangan Berhijab di Sekolah':






(mea/mea)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork