Ibu Ini Lapor WA 'Disadap' ke Kapolda Metro, Begini Reaksi Irjen Fadil

M Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 25 Feb 2022 12:06 WIB
Ibu ini melapor ponselnya disadap ke Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran
Ibu ini melapor ke Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bahwa ponselnya disadap. (Tangkapan Layar/Instagram Kapolda Metro Jaya)
Jakarta - Di tengah situasi pandemi COVID-19, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kerap turun ke lapangan untuk memantau aktivitas masyarakat secara langsung. Tak jarang, Irjen Fadil turun ke lapangan secara incognito, tanpa memakai seragam polisi.

Dalam satu kesempatan, Fadil mengecek aktivitas masyarakat di malam hari. Saat Fadil sedang membagikan masker kepada masyarakat, tiba-tiba seorang perempuan mengaku bernama Rita nyelonong mendekatinya.

"Mohon izin, Pak. Pak Fadil? Saya mau minta tolong, Pak. Ponsel saya kan disadap," kata Rita, seperti dilihat dari akun Instagram Kapolda Metro Jaya, Jumat (25/2/2022).

Kemudian, Rita menjelaskan ada sesosok pria yang menyukainya, namun ia abaikan. Rita merasa resah karena dia merasa WhatsAppnya disadap oleh pria tersebut.

"Jadi dia suka sama saya, tapi saya abaikan. Tapi dengan cara apa pun, kepintaran dia menyadap WhatsApp saya, Pak," sambung Rita.

Mengetahui hal tersebut, Fadil tampak terkejut dengan laporan yang disampaikan Rita. Dia mencoba untuk memastikan apa yang dikatakan oleh Rita.

"Sama siapa (disadapnya)? Kok tahu dibilang disadap HP-nya?" jawab Fadil.

Rita kemudian menjelaskan ihwal dirinya merasa disadap itu kepada mantan Kapolda Jawa Timur itu.

"Iya dia tahu sehari-hari saya, saya lagi apa, lagi apa, terus saya VC-an (video call) sama teman, tahu-tahu dia screenshot VC-an saya. 'Lha, kok kamu tahu?' apa yang saya iniin (lakukan) dari A sampai Z gitu kan," jelas Rita.

[Gambas:Instagram]



"Sekarang masih ini (komunikasi)?" tanya Fadil.

"Enggak, sudah saya blokir," jawab Rita.

Fadil sempat meminta Rita menunjukkan seperti apa penyadapan yang dilaporkan oleh Rita. Kemudian dia juga memastikan bahwa Rita memang mengenal orang tersebut secara langsung.

"Tapi udah ketemu fisik sama orang yang suka sama ibu?" tanya Fadil.

Setelah diperlihatkan bukti-bukti tersebut, Fadil kemudian memanggil salah seorang polisi untuk menindaklanjuti penyadapan ponsel yang dilaporkan oleh Rita.

"Nanti coba ditindaklanjuti informasi dari ibu Rita ini, katanya ada orang yang menyadap WA-nya," ujar Fadil kepada salah seorang polisi.

Lihat juga video 'Fitur yang Wajib Aktif Biar Akun Nggak Dibobol Hacker!':

[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)