ADVERTISEMENT

6 Parpol Nonparlemen Bertemu Bahas Rencana Gugat Ambang Batas Capres

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Feb 2022 10:50 WIB
Enam partai politik (parpol) nonparlemen melakukan pertemuan tingkat elite. Dalam pertemuan itu dibahas keenam parpol nonparlemen itu bakal mengajukan gugatan presidential threshold.
Parpol Nonparlemen Bertemu (Instagram deatunggaesti)
Jakarta -

Enam partai politik (parpol) nonparlemen melakukan pertemuan tingkat elite. Dalam pertemuan itu, dibahas keenam parpol nonparlemen itu bakal mengajukan gugatan presidential threshold Pemilu 2024.

Pertemuan elite enam parpol nonparlemen itu diunggah Sekjen PSI Dea Tunggaesti di media sosialnya, seperti dilihat, Kamis (24/2/2022). Dalam pertemuan itu, tampak hadir Ketum PSI Giring Ganesha, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, hingga Ketum PKP Yusuf Solichien.

"Pertemuan 6 partai politik (PSI, Perindo, Hanura, PKP, PBB, dan Garuda), selain untuk bersilaturahmi, pertemuan ini juga membahas wacana koalisi mengajukan judicial review yang salah satunya adalah mengenai presidential threshold untuk Pemilu 2024," kata Dea.

Semua partai yang bertemu dalam pertemuan ini tak memiliki kursi atau perwakilan di DPR RI. Sementara yang ingin mereka gugat adalah ambang batas pencalonan presiden.

"Perlu diketahui, tujuh partai politik, termasuk Berkarya, secara keseluruhan memperoleh suara sah hampir 13,6 juta suara, di mana suara sah tersebut terbuang dengan sia-sia. Hal inilah yang harus kita perjuangkan bersama," tulis Dea.

Menjelang Pemilu 2024 presidential threshold atau ambang batas ramai-ramai digugat sejumlah pihak ke Mahkamah Konstitusi (MK). Ambang batas pencalonan presiden di Pemilu 2024 sebesar 20% kursi di DPR.

(rfs/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT