Indro Warkop dkk Bertemu Jokowi di Istana, Siap Kawal Sampai Akhir Jabatan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 23:57 WIB
Jakarta -

Para seniman senior bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor. Indro 'Warkop' sebagai salah satu seniman senior yang hadir dalam pertemuan itu menyatakan siap mengawal Jokowi sampai akhir jabatan dengan memberikan masukan-masukan positif maupun negatif.

"Sementara kita juga akan tetap menjaga atau mengawal Bapak Jokowi sampai dengan akhir masa jabatannya, dengan memberikan bukan saja masukan yang positif mungkin, mungkin hal-hal yang negatif," kata Indro dalam video yang ditayangkan akun Sekretariat Presiden, Rabu (23/2/2022).

Indro mengatakan momen pertemuan dengan Jokowi itu merupakan sebuah kehormatan. Dalam pertemuan itu, dia menyampaikan sejumlah aspirasi mengenai kebudayaan.

"Kami menyampaikan aspirasi mengenai hal-hal kebudayaan, bagaimana budaya itu mempererat sebuah persatuan, bagaimana budaya itu memperkaya kebinekaan kita. Dan ada beberapa juga yang kami sampaikan selain juga bagaimana sarana prasarana kebudayaan yang ada di sini. Dan Bapak Jokowi juga berpesan itu semua akan ditampung," ujar Indro.

Sementara itu, salah satu personel grup Bimbo, yakni Samsudin Hardjakusumah alias Sam Bimbo, menyampaikan mengenai program 'merajut Nusantara'. Dia ingin menyelamatkan huruf-huruf yang kemungkinan hilang.

"Begitu pun hari ini kami baru menyelesaikan program merajut Nusantara. Di mana kami membuat, bernyanyi huruf yang kemungkinan bakal hilang kita selamatkan. Huruf Sunda, huruf Jawa, huruf Balidan ada sekian belas huruf-huruf suku bangsa di Indonesia," ujar Sam Bimbo.

Dia lantas menyampaikan pernyataan Presiden Jokowi soal Indonesia yang terdiri dari berpuluh-puluh suku bangsa yang berwarna-warni. Dia berharap bangsa Indonesia bisa menjaganya.

"Jadi meskipun sekarang baru 3 Insyaallah akan ditarik lebih banyak lagi. Dan sekarang ini udah masuk di dalam UNICEF, dunia sudah diakui. Jadi kalau misalkan Anda orang Bali, saya orang Sunda, saya bisa mengirim pada Anda ditik di laptop aksara Sunda. Anda menjawab saya dengan bahasa Bali. Jadi ini sudah teknologi hari ini sudah luar biasa," ujar dia.

Seniman senior lainnya, Ida Royani, mengatakan Jokowi turut menjelaskan mengenai pembangunan IKN Nusantara. Dia mendukung upaya pemindahan ibu kota tersebut.

"Kita mendukung semua program-programnya Pak Jokowi, terutama program yang ada di Kalimantan, membuat ibu kota baru. Insyaallah tadi kita sudah lihat bagus sekali. Mudah-mudahan nanti seluruh rakyat Indonesia bisa jalan-jalan ke sana, kita bisa berwisata ke sana untuk melihat kota yang baru," ujar Ida.

(knv/aik)