ADVERTISEMENT

Minta Kepastian soal Haji 2022, Menag Kirim Tim ke Arab Saudi

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 22:42 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas
Foto: Dok. Istimewa
Pekanbaru -

Pemerintah Indonesia saat ini masih menunggu keputusan Arab Saudi soal keberangkatan jemaah haji tahun ini. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan akan mengirim tim ke Arab Saudi.

"Mudah-mudahan (jemaah haji bisa diberangkatkan). Kita sedang terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Saudi. Dalam awal bulan depan ini tim kita juga berangkat ke Saudi untuk memperjelas apakah haji di tahun ini bisa dibuka, diberangkatkan atau tidak," kata Yaqut Cholil Qoumas usai bertemu tokoh masyarakat di Pekanbaru, Riau, Rabu (23/2/2022).

Terkait kuota jemaah haji, Yaqut juga tidak tahu persis. Namun ia sudah menyiapkan beberapa skema jika nantinya ada petunjuk dari Pemerintah Arab Saudi.

"(Jumlah kuota haji), kita belum ngerti karena itu semua prioritas Pemerintah Saudi. Tetapi kita sudah siapkan beberapa skema, skema full kalau kita dapat full Alhamdulillah," katanya.

Selanjutnya ada skema 30 persen yang disiapkan apabila kuota terbatas. Termasuk jika diputuskan tidak adanya keberangkatan seperti 2 tahun terakhir.

"Ada skema 30 persen karena pembatasan-pembatasan. Atau skema yang tidak memberangkatkan sama sekali sebagaimana tahun 2020-2021. Skema ini sudah kita siapkan," katanya.

Secara teknis, Indonesia sudah siap jika Pemerintah Arab Saudi membuka pintu untuk jemaah haji. Termasuk Indonesia.

"Secara teknis kita siap. Kalau pemerintah Saudi membuka negaranya untuk jemaah haji dunia atau Indonesia kita sudah sangat siap," kata Yaqut.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT