ADVERTISEMENT

Bambang Susantono Menguat, TB Hasanuddin Ungkap 2 Syarat Pimpin IKN

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 16:29 WIB
Mayor Jenderal TNI Purn. Tubagus Hasanuddin, S.E., M.M. lahir di Majalengka, Jawa Barat, 8 September 1952 umur 62 tahun adalah seorang mantan perwira tinggi TNI-AD yang sejak 1 Oktober 2014 mengemban amanat sebagai Anggota DPR RI. Lamhot Aritonang/detikcom.
Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) TB Hasanuddin turut merespons isu Bambang Susantono bakal menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hasanuddin menjelaskan 2 syarat memimpin Nusantara.

"Siapa yang layak jadi Kepala Badan Otorita, tentu kalau yang tersirat dalam aturan perundang-undangannya itu adalah orang yang mampu membangun tahap awal itu, sebagai kepala badan itu membangun ibu kota," kata Hasanuddin kepada wartawan, Rabu (23/2/2022).

"Yang kedua, nanti setelah dibangun ibu kota itu dia menjadi kepala pemerintahan, sehingga dua syarat itulah yang harus dipenuhi," sambung dia.

Anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN itu meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memperhitungkan serta mempertimbangkan kompetensi para kandidat calon Kepala Otorita Nusantara.

"Siapa pun (yang dipilih) pasti Bapak Presiden sudah memperhitungkan, mempertimbangkan riwayat hidup yang bersangkutan," ucapnya.

Terkait Susantono yang disebut bakal memimpin Nusantara, Hasanuddin juga menyakini Presiden Jokowi memilih sosok yang dianggap mampu. Anggota Komisi I DPR itu menyebut Susantono kemungkinan memiliki pengalaman dari segala bidang.

"Kalau saya lihat, tentu Bapak Presiden sudah memilih, dalam memutuskan seseorang, sudah dipilih yang memenuhi persyaratan dan dianggap mampu. Kita serahkan saja sama beliau," kata Hasanuddin.

"Apalagi beliau ini, Pak Bambang, mungkin sudah memiliki pengalaman di semua bidang," imbuh Mayjen TNI Purnawirawan itu.

Profile Bambang Susantono saat menjalani wawancara khusus dengan tim detikcom beberapa waktu lalu sebelum dirinya terbang dan bekerja di ADB usai menjabat sebagai WamenHub RIBambang Susantono (Rachman Haryanto/detikcom)

Diketahui, Presiden Jokowi sudah memberikan kisi-kisi terkait calon Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Jokowi menyebut Kepala Otorita Nusantara bukanlah politikus.

"Nonparpol," singkat Jokowi saat memberikan kisi-kisi calon Kepala Otorita Nusantara, usai peresmian NasDem Tower di Jakarta, Selasa (22/2).

Bambang Susantono bukanlah sosok asing di pemerintahan Indonesia. Pada periode 2007-2010, Susantono menjabat Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah.

Karirnya di pemerintahan lalu berlanjut pada periode pertama kepemimpinan Presiden Jokowi. Susantono merupakan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) periode 2010-2014.

Selepas dari pemerintahan, Susantono berkarir di luar negeri. Susantono dipercaya menduduki kursi Vice President Asian Development Bank (ADB), yang memiliki tanggung jawab menjalankan pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim hingga riset ekonomi serta kerja sama regional.

Lihat juga Video: Jokowi Akan Lantik Kepala Otorita IKN Pekan Depan: Nonparpol

[Gambas:Video 20detik]




(zak/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT