ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Jl HR Rasuna Said Rusak Menunggu LRT, Adhi Karya Jelaskan Progres Kerjanya

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 16:43 WIB
Jalan Rasuna Said, Jakarta, tampak rusak dan bergelombang. Kondisi ini membuat para pengendara yang melintas menjadi tidak nyaman.
Jl HR Rasuna Said rusak. Perbaikannya menunggu LRT kelar. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Perbaikan permanen atas kerusakan Jl HR Rasuna Said masih harus menunggu proyek LRT selesai. Proyek LRT yang melintasi Jl HR Rasuna Said ini ditargetkan selesai satu semester lagi.

Pihak kontraktor proyek LRT adalah PT Adhi Karya, perusahaan BUMN. Corporate Secretary PT Adhi Karya, Farid Budiyanto, menjelaskan progres pengerjaan proyek LRT ini.

"Saat ini progres LRT Jabodebek sudah mencapai 89,1 persen sampai Januari 2022. Fokus kami saat ini secara pekerjaan fisik sedang penyelesaian stasiun, depo, dan akses ke stasiun. Selain itu, sedang mendukung kegiatan uji coba kereta," katanya saat dihubungi oleh detikcom, Rabu (23/2/2022).

Dirinya juga mengatakan pengoperasian LRT Jabodetabek sendiri mulai berlangsung pada Agustus mendatang. Karena itu, dirinya pun menerangkan perbaikan jalan rusak di sekitar area Jl Rasuna Said akan dilakukan permanen setelah proses pengerjaan selesai. Namun perbaikan sementara akan dipastikan segera.

"Untuk operasional LRT Jabodebek kami rencanakan dapat beroperasi di bulan Agustus 2022. Terkait rencana penyelesaian perbaikannya, kami sedang cek dengan departemen terkait," paparnya.

Kerusakan Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, 23 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Kerusakan Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, 23 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Sebelumnya, Kepala Dias Bina Marga DKI Jakart Hari Nugroho menjelaskan perbaikan permanen dapat dilakukan setelah stasiun LRT selesai dibangun dan saat musim hujan mereda.

"Makanya sambil menunggu stasiun LRT selesai dan musim hujan sudah reda, kita akan langsung perbaiki secara permanen. Tentunya sesuai dengan kewenangan masing-masing. Kalau area stasiun, tentu pihak LRT yang akan perbaiki secara permanen, dan terusannya adalah bagian kita," kata Hari Nugroho, Rabu (16/2) pekan lalu.

Kondisi kerusakan jalan ada di Jl HR Rasuna Said (Mampang arah Menteng), yang terparah ada di antara Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Setiabudi I sampai Halte TransJakarta Setiabudi Utara, Jakarta Selatan. Terlihat kerusakan di sini semakin parah ketimbang sepekan lalu.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT