Herry Wirawan Tak Melawan Vonis Seumur Hidup Bui di Kasus Pemerkosaan

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 23 Feb 2022 12:57 WIB
Penjara seumur hidup artinya apa? Pertanyaan ini muncul setelah Herry Wirawan divonis penjara seumur hidup dalam kasus pemerkosaan 13 santri.
Herry Wirawan (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Terdakwa kasus pemerkosaan 13 santriwati, Herry Wirawan, menerima vonis seumur hidup yang diberikan hakim PN Bandung. Herry resmi tidak mengajukan banding. Karena sudah tujuh hari sejak vonis dibacakan, Herry tidak mengambil sikap terhadap putusan seumur hidup tersebut.

"Jadi, terhadap putusan, hak Terdakwa menentukan sikap. Karena tujuh hari sudah terlewati sampai Selasa kemarin, ya, Terdakwa setelah berkomunikasi dengan kami, tidak mengambil sikap. Jadi dianggap menerima," ujar Ira Mambo, kuasa hukum Herry Wirawan, dikutip dari detikJabar, Rabu (23/2/2022).

Adapun vonis Herry Wirawan dibacakan hakim pada sidang yang digelar pekan lalu. Setelah putusan dibacakan, baik Jaksa maupun Herry mengambil sikap pikir-pikir selama sepekan.

Dalam perjalanannya, jaksa ternyata mengajukan banding atas putusan hakim. Jaksa tetap meminta agar Herry dihukum mati.

Terkait banding dari jaksa, Ira mengatakan pihaknya juga menyiapkan kontra-memori banding. Nantinya kontra-memori banding akan disampaikan ke Pengadilan Tinggi Bandung melalui PN Bandung.

"Terhadap banding jaksa yang dinyatakan kemarin oleh jaksa hari Senin, kan jaksa menyatakan banding nih, sudah mendaftarkan ya. Tentu kami selaku penasihat hukum dan Terdakwa akan mempersiapkan kontra-banding apabila memori bandingnya telah kami terima," kata dia.

Herry dituntut hukuman mati oleh jaksa. Namun hakim memberikan vonis hukuman penjara seumur hidup terhadap predator seks tersebut.

"Mengadili, menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara seumur hidup," ucap hakim.

Simak selengkapnya di sini.

(yld/dhn)