Viral! Road Bikers Gowes Santai di Jalur Cepat Margonda Depok

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 22 Feb 2022 10:42 WIB
Rombongan road bikers gowes santai di jalur cepat Margonda Depok
Rombongan road bikers gowes santai di jalur cepat Margonda Depok (Tangkapan Layar Video viral)
Depok -

Belakangan viral di media sosial rombongan road bikers melewati jalur cepat Jalan Margonda, Depok. Padahal jalur tersebut dikhususkan bagi kendaraan roda empat.

Dalam rekaman video yang dilihat, rombongan road bikers menggunakan jalur cepat Jalan Margonda dengan berpleton. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (20/2/2022), sekitar pukul 6.30 WIB.

Setidaknya ada dua rombongan yang road bikers yang terekam video amatir. Rombongan road bikers tersebut menggunakan satu lajur di jalur cepat Jalan Margonda, Depok.

Terdengar perekam di mobil membunyikan klakson untuk memperingatkan rombongan road bikers itu. Mereka gowes di Jalan Margonda menuju arah Jalan Kartini.

Penjelasan Polisi

Kasat Lantas Polrestro Depok AKBP Jhoni Eka Putra mengatakan jalur cepat Jalan Margonda tidak boleh dilintasi oleh sepeda.

"Iya motor saja dilarang, apalagi sepeda. Kalau roda empat boleh, kalau roda dua nggak boleh," kata Jhoni saat dihubungi, Selasa (22/2).

Jhoni mengimbau pesepeda agar menggunakan jalur lambat. Para pesepeda diimbau untuk menaati peraturan lalu lintas.

"Kita imbau (mereka) supaya sadar. Mungkin (juga) belum tahu," imbuh Jhoni.

Lebih lanjut Jhoni mengingatkan siapa pun untuk patuh terhadap larangan lalu lintas. Pasalnya, dampak yang diterima bukan hanya ke diri pribadi, melainkan orang lain.

"Jangan melewati jalur cepat (kendaraan roda dua) karena membahayakan mereka juga. Intinya itu diperbolehkan khusus roda empat. Untuk sekarang kita mengimbau masyarakat yang pakai sepeda gunakan jalur lain untuk keselamatan," tutupnya.

(mea/mea)