ADVERTISEMENT

Kritik Keras untuk Pentas Wayang di Ponpes Gus Miftah

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Feb 2022 07:39 WIB
Pertunjukan wayang di ponpes milik Gus Miftah yang viral.
Foto: Tangkapan layar video viral.
Jakarta -

Pergelaran wayang dengan salah satu tokohnya menggunakan peci dan berjenggot yang dikaitkan dengan Ustaz Khalid Basalamah, dihajar beramai-ramai dalam adegan perang melawan tokoh wayang lainnya. Pentas wayang yang disebut berlangsung di pondok pesantren Gus Miftah tersebut pun berujung kritik keras dari berbagai kalangan.

Pergelaran wayang tersebut awalnya viral lewat potongan video berdurasi 1,15 detik. Dalam video tersebut nampak sebuah wayang berpeci yang dihajar oleh wayang Baladewa yang sedang marah.

Dalam marahnya tokoh Baladewa terus menyampaikan kegeramannya pada orang yang asal omong soal keberadaan wayang. Tak berhenti sampai di situ, pada akhir potongan video itu, terdengar dalang juga berdiri lalu membanting-banting wayang tersebut sambil mengucap kata kasar.

Dalang wayang tersebut Warseno Slenk pun buka suara. Ketika dikonfirmasi detikJateng Warseno menyebut pergelaran wayang bertajuk 'Begawan Lomana Mertobat' itu digelar pada Jumat (18/2) malam yang lalu.

Dia memastikan pentas wayang tersebut memang berlangsug di pondok pesantren milik Gus Miftah. "Iya benar, di tempat Gus Miftah," kata Warseno, Senin (21/2/2022).

Terkait kemiripan gambar wayang dengan sosok Khalid Basalamah, Warseno menilai setiap penonton berhak menginterpretasikan pertunjukannya.

"Itu kan gambar miring, kalau diinterpretasikan mirip siapa ya hak masing-masing. Lagi pula itu hanya gambar, bisa mirip siapa saja," katanya.

Gus Miftah Ungkap Wayang Domain Dalang

Gus Miftah juga membenarkan pentas wayang itu digelar di pesantrennya. Namun dia tidak tahu menahu soal atraksi pertunjukan lantaran itu domain dari sang dalang.

Ia memastikan tidak melakukan intervensi apapun terkait dengan lakon, konten dan atraksi selama pertunjukan wayang apa pun.

"Soal konten, atau lakon, atau atraksi di dalam pertunjukan wayang, itu merupakan domain dan wilayahnya dalang itu sendiri. Jadi isinya tentang apa, itu kita hanya dikasih lakonnya saja," ucap Gus Miftah hari ini.

"Tetapi pertunjukannya seperti apa itu ya urusan dalang bukan urusan saya dan saya tidak bisa intervensi itu. Itu sudah merupakan kebiasaan, bahwa atraksi panggung atau atraksi dalam pertunjukan wayang itu urusan dalang," sambungnya.

Simak kritik keras soal pentas wayang tersebut di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Kata Haikal Hassan soal Khalid Basalamah Dipolisikan

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT