Kabar Baik Corona di DKI Usai Puncak Kasus Terlewati

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Feb 2022 20:07 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Ilustrasi Corona (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Kabar baik datang dari perkembangan virus Corona (COVID-19) di DKI Jakarta. Kini, Corona di Jakarta tengah mengalami tren penurunan usai puncak kasus terlewati.

Informasi tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Budi menyebut, selain Jakarta, ada 12 provinsi lainnya yang sudah melampaui puncak kasus Delta tahun lalu.

"Untuk kasus memang lebih tinggi dari puncak Delta yang 56 ribu, tapi kami melihat bahwa beberapa provinsi sudah melampaui puncak Delta, 13 provinsi. Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Papua, Sulut, Lampung, Sulsel, Sumut, NTB, dan Sumsel itu semua sudah lebih tinggi dari puncak Delta," kata Budi saat jumpa pers virtual, Senin (21/2/2022).

Budi juga menyampaikan kabar baik di tengah lonjakan kasus tersebut. Lima dari 13 provinsi di atas sudah menunjukkan tren penurunan.

"Dan lima di antaranya sudah menunjukkan tren menurun, yaitu DKI Jakarta, Bali, Banten, Maluku, NTB," ujar Budi.

"Yang lainnya sedang ada di puncak atau dalam jalan untuk mencapai puncak sana," sambung Budi.

Lebih jauh, Budi mengatakan kasus Corona di Jawa dan Bali saat ini sudah mengalami penurunan. Sedangkan, dia menambahkan, kasus Corona bergerak naik di luar Jawa dan Bali.

"Kami juga sudah melihat karena proporsinya Jawa-Bali sudah menurun sehingga di luar Jawa-Bali naik, sehingga tadinya perbandingannya 97% Jawa-Bali, 3% luar Jawa-Bali, sekarang sudah jadi 72%/28%, sehingga akan terjadi pergeseran ke sana," ucap Budi.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Tonton juga Video: Update Corona RI 21 Februari 2022: Tambah 34.418, Terbanyak dari Jabar

[Gambas:Video 20detik]