ADVERTISEMENT

Komisi IV Dukung Proyeksi Geopark Merangin Jambi Jadi Destinasi Dunia

Ferdi Almunanda - detikNews
Senin, 21 Feb 2022 18:39 WIB
Geopark Merangin diproyeksikan jadi destinasi wisata kelas dunia
Geopark Merangin diproyeksikan jadi destinasi wisata kelas dunia. (Foto: Istimewa)
Jambi -

Pemerintah Provinsi Jambi tampaknya mulai serius dalam pengembangan pariwisata Geopark Merangin menjadi destinasi wisata dunia. Pasalnya, dalam waktu dekat ini, tim dari UNESCO akan menilai kelaikan Geopark Merangin menjadi UNESCO Global Geopark (UGG).

Keseriusan Pemprov Jambi itu kini juga didukung penuh oleh Ketua Komisi IV DPRD Jambi M Khairil. Dia ikut mendorong Pemprov Jambi dalam menjadikan Geopark Merangin sebagai wisata dunia.

"Kita sangat mendukung penuh akan langkah pemprov itu, kerjasama antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten Merangin untuk mendorong Geopark Merangin menjadi destinasi dunia itu tentu sangat baik," kata Khairil, Senin (21/2/2022).

M. Khairil juga menjelaskan, dengan dimasukkannya Geopark Merangin menjadi destinasi dunia, ke depan perbaikan geopark ini bisa masuk anggaran nasional.

Bukan hanya itu, wakil rakyat dari fraksi Gerindra tersebut juga berharap nantinya Geopark Merangin bisa dijadikan laboratorium terbuka untuk penelitian pendidikan.

"Kita harap, selain masuk destinasi dunia ke depannya Geopark Merangin bisa dijadikan laboratorium terbuka untuk anak geologi melakukan penelitian. Dan ini sangat bagus, maka dari hal yang bagus maka kita DPRD sangat dukung langkah Pemprov Jambi yaitu langkah dari Gubernur Jambi juga," ujar Khairil.

Sejauh ini Pemprov Jambi juga telah melakukan rapat koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Merangin Jambi. Rapat itu dilakukan demi percepatan pengembangan destinasi wisata alam di sana agar menjadi destinasi wisata dunia.

Pemprov Jambi bersama Pemkab Merangin juga sudah mulai membenahi kawasan Geopark Merangin-Jambi itu. Pembenahan itu mulai dari pembangunan jalan akses, pusat informasi turis, gerbang masuk, hingga fasilitas pendukung lainnya. Bahkan untuk melengkapi sarana-prasarana di sana, Pemprov Jambi nantinya juga akan menggelontorkan dana APBD senilai Rp 2 miliar.

Dana Rp 2 miliar yang dikucurkan Pemprov Jambi ke kawasan Geopark Merangin itu nantinya untuk pembangunan jalan akses serta pembuatan gerbang masuk dan fasilitas pendukung.

Kucuran dana APBD Jambi ini juga sebagai percepatan perbaikan sarana-prasarana di sana. Sebab, dalam waktu dekat tim dari UNESCO akan menilai kelaikan Geopark Merangin menjadi UNESCO Global Geopark (UGG).

"Kita harus benar-benar mempersiapkan betul untuk penilaian ini, jangan sampai kita tidak siap. Jangan sampai pengalaman pada penilaian tahun 2014 lalu terulang lagi dan pada akhirnya gagal. Intinya ini tugas kita bersama, dan saya siap sepenuhnya untuk menjadikan wisata alam di Merangin Jambi Geopark Merangin masuk dalam warisan wisata dunia," kata Gubernur Al Haris pada Sabtu lalu (19/2/2022).

Diketahui, Geopark Merangin Jambi juga terletak di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi.

Jenis koleksi yang disimpan meliputi benda biologi, geologi, arkeologi, dan numismatika. Benda biologi terdiri dari fosil-fosil flora dan fauna. Sedangkan koleksi benda geologi berupa bebatuan yang berusia 200-250 juta tahun.

Situs Geopark Merangin juga merupakan lempengan pecahan bumi tertua di dunia, bahkan hampir seusia dengan bebatuan yang ada di situs bersejarah di China.

Bahkan, wisata alam di sana juga kerap dijadikan objek wisata alam yang eksotis. Sungai deras yang berada di lokasi itu juga kerap dijadikan tempat lokasi arung jeram. Beberapa kali lokasi ini dijadikan tempat perlombaan arung jeram internasional.

(mud/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT