ADVERTISEMENT

Hari Bahasa Ibu Internasional 2022: Simak Sejarah-Tema Tahun Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Feb 2022 17:32 WIB
Hari Bahasa Ibu Internasional 2022 jatuh pada tanggal 21 Februari. Bagaimana sejarah hingga perayaan Hari Ibu tahun ini?
Hari Bahasa Ibu Internasional 2022: Simak Sejarah-Perayaan Tahun Ini (Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph)
Jakarta -

Hari Bahasa Ibu Internasional 2022 jatuh pada tanggal 21 Februari. Bahasa Ibu merupakan bahasa lokal yang berperan sebagai media guna menjaga dan berbagi budaya asli.

Diperingatinya Hari Bahasa Ibu Internasional 2022 mengajak masyarakat dunia untuk melestarikan sekaligus melindungi bahasa lokal yang digunakan sejak lahir. Meski bahasa yang dihasilkan cukup beragam, namun PBB justru memproklamasikan persatuan dalam keragaman bahasa.

Simak ringkasan di bawah untuk mengetahui sejarah hingga perayaan Hari Bahasa Ibu Internasional 2022.

Hari Bahasa Ibu Internasional 2022: Ini Latar Belakangnya

Mengutip laman UNESCO, sebelum Hari Bahasa Ibu Internasional 2022 lahir, awalnya Bangladesh berinisiatif mengajukan peringatan ini kepada UNESCO. Kemudian, United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyetujuinya karena percaya terhadap pentingnya keberagaman bahasa bagi masyarakat berkelanjutan.

Dalam mandatnya, UNESCO berusaha untuk melestarikan perbedaan budaya dan bahasa yang mendorong toleransi antar sesama. Hal itu karena keberagaman bahasa keberadaannya mulai terancam dan kian banyak bahasa yang hilang.

Secara global, 40% populasi tidak memiliki akses pendidikan karena tidak menggunakan atau memahami bahasa yang digunakan. Namun, UNESCO bersama PBB terus membuat kemajuan di bidang pendidikan, khususnya multibahasa.

Metode itu dirancang dengan pemahaman yang berkembang tentang pentingnya bahasa yang digunakan. Dengan demikian, diharapkan masyarakat hadir melalui bahasa mereka yang digunakan sekaligus melestarikan pengetahuan dan budaya tradisional secara berkelanjutan.

Hari Bahasa Ibu Internasional 2022: Begini Tantangan dan Peluangnya

Kendati Hari Bahasa Ibu Internasional 2022 masih diperingati, namun UNESCO menyoroti penggunaan teknologi untuk pembelajaran multibahasa mempunyai peluang sekaligus tantangan.

Bahasa Ibu memang dapat memajukan inklusi dan fokus dengan tujuan pembangunan berkelanjutan agar tidak meninggalkan bahasa apapun. UNESCO percaya pendidikan berbasis bahasa harus dimulai sejak usia dini.

Hal itu karena pengasuhan dan pendidikan anak usia dini merupakan dasar dari pembelajaran, sehingga ia berhak mendapatkannya dari ibu.

Namun, di sisi lain, teknologi mempunyai pengaruh terhadap penggunaan bahasa. Melalui teknologi, tak sedikit bahasa lokal yang musnah dan tidak digunakan.

Tema Hari Bahasa Ibu Internasional 2022 dapat disimak di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT