Ganjil Genap di Kota Bogor, Volume Kendaraan Turun Drastis

M Solihin - detikNews
Minggu, 20 Feb 2022 15:18 WIB
Ganjil genap Bogor, 5 Februari
Foto: M Sholihin
Bogor -

Ganjil-genap di Kota Bogor tetap diberlakukan. Sebanyak 7.631 kendaraan roda dua dan roda empat diputar balik karena pelat nomor tidak sesuai dengan tanggal hari ini.

"Dari enam titik pemeriksaan ganjil-genap di Kota Bogor, total ada 7.631 kendaraan yang diputar balik hari ini. (Perinciannya) 5.128 roda dua dan 2.503 roda empat," kata Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria, Minggu (20/2/2022).

Galih menyebut mobilitas masyarakat pengguna kendaraan terbilang menurun dibanding pada pekan-pekan sebelumnya. Galih mengatakan hal itu karena masyarakat mulai memahami dan patuh terkait aturan ganjil genap di Kota Bogor.

"Penurunan angka kendaraan juga cukup drastis, yang biasanya memutarbalikkan lebih dari 10 ribu kendaraan, pada hari Sabtu kemarin tidak sampai 10 ribu. Ini berarti masyarakat sudah faham dan patuh terhadap aturan ganjil-genap," beber Galih.

"Ada penurunan yang cukup drastis ya kendaraan yang akan masuk ke Kota Bogor, khususnya melalui Jalan Pajajaran dan SSA (Sistem Satu Arah). Penurunan ini juga didasari karena adanya peningkatan persebaran virus Omicron, baik di wilayah aglomerasi maupun kelompok wilayah Jabodetabek," katanya menambahkan.

Aturan ganjil-genap di Kota Bogor merupakan salah satu upaya menekan mobilitas warga dan wisatawan untuk menekan laju persebaran COVID-19, khususnya di Kota Bogor yang sejak dua pekan terus melonjak. Galih berharap aturan ganjil-genap berdampak positif terhadap kesehatan masyarakat, khususnya di Kota Bogor.

"Ganjil-genap ini gerakan menahan diri satu hari agar tetap di rumah. Semoga aturan yang diberlakukan secara continue (terus menerus) ini berpengaruh kepada kesehatan dan persebaran virus COVID-19 tidak terus meningkat," ujarnya.

(idn/idn)