KPK Pastikan Tak Pernah Adakan-Biayai Baliho Wajah Firli Bahuri

ADVERTISEMENT

KPK Pastikan Tak Pernah Adakan-Biayai Baliho Wajah Firli Bahuri

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 19 Feb 2022 16:38 WIB
Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri
Firli Bahuri (Wahyudi/20detik)
Jakarta -

KPK angkat bicara soal baliho yang menampilkan wajah Ketua KPK Firli Bahuri dengan pesan antikorupsi. KPK menegaskan pihaknya tak pernah melakukan pembuatan baliho atau billboard tersebut.

"KPK memastikan tidak pernah melakukan pengadaan maupun pembiayaan dalam anggaran negara atas pemasangan billboard dimaksud," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Sabtu (19/2/2022).

Ali mengatakan pihaknya juga sudah mengecek lokasi baliho dimaksud. Alhasil, KPK tak menemukan keberadaan baliho tersebut.

"Tim Inspektorat KPK juga telah melakukan pengecekan di lokasi, dan sudah tidak ditemukan billboard dimaksud," ujar Ali.

Selanjutnya, Ali mengatakan pemberantasan korupsi tak hanya berada di tangan KPK. Dia lantas juga mengajak masyarakat bekerja sama untuk meningkatkan budaya antikorupsi.

"Kami menyadari bahwa pemberantasan korupsi bukan hanya menjadi tugas KPK. Untuk itu, komitmen KPK sedari awal adalah terus merangkul dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menanamkan kesadaran berintegritas agar tumbuh budaya antikorupsi dalam lingkungan bermasyarakat," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri angkat bicara terkait wajahnya yang terpampang di baliho. Di baliho tersebut, juga sekaligus terselip pesan antikorupsi.

Berdasarkan gambar yang dilihat detikcom, Sabtu (19/2), baliho tersebut bertulisan 'SIAPA SAJA YANG KORUPSI KITA TANGKAP'. Baliho itu juga terdapat logo KPK.

Menanggapi hal itu, Firli mengaku tak mengetahui siapa yang memasang baliho itu. Dia juga tak tahu lokasi baliho tersebut.

Simak Video 'ICW: KPK Tak Tunjukkan Prestasi, Justru Kedepankan Kontroversi':

[Gambas:Video 20detik]



"Terus terang saya tidak tahu siapa dan di mana itu semua dipasang. Masyarakat yang banyak aspirasinya banyak," kata Firli melalui akun Twitter-nya @firlibahuri, Jumat (18/2).

Firli menganggap baliho itu merupakan bentuk dukungan masyarakat terhadap kinerja KPK.

"Jika itu dimaksudkan untuk mendukung kerja KPK, saya mengucapkan terima kasih. KPK adalah penegak hukum yang independen," katanya.

(azh/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT