ADVERTISEMENT

PSI Serang Anies Kebanyakan Manggung, PKS Membela

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 19 Feb 2022 05:21 WIB
M Taufik Zoelkifli
M Taufik Zoelkifli (Dok. Istimewa)

Meski demikian, Taufik menyayangkan bahwa PTUN tidak cermat dengan mengatakan bahwa Kali Mampang tidak pernah dikeruk sejak tahun 2017, seperti yang dinyatakan oleh pengacara penggugat. Padahal Kali Mampang seperti kali yang lain punya jadwal pengerukan setiap tahunnya.

"Tapi ok, saya kira suatu keniscayaan bahwa putusan PTUN harus dilaksanakan oleh Pemda/Gubernur DKI Jakarta. Ini suatu bentuk peningkatan iklim demokratisasi di Indonesia, Jakarta khusunya. Bahwa semua sama rata di hadapan hukum. Pemerintah maupun rakyatnya," imbuhnya.

Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana sebelumnya menyebut Anies Baswedan kebanyakan manggung dibanding mengurus banjir. Menurutnya, hal itulah yang membuat Anies berakhir dihukum PTUN untuk mengeruk total Kali Mampang.

"Kami sudah prediksi. Sudah Tidak heran lagi. Wajar saja Pak Anies dihukum. Selama 5 tahun menjabat, Pak Anies selalu disibukkan dengan hal-hal kontroversial, kebanyakan manggung. Lupa sama upaya pencegahan banjir. Padahal, program pencegahan banjir sudah jelas tertuang di RPJMD dan Perda-Perda. Anggaran APBD-nya pun besar. Triliunan rupiah. Nggak tahu nunggu apa lagi. Masa, nunggu Jakarta tenggelam dulu, baru dikerjakan? Segera eksekusi. Salah siapa berarti Jakarta banjir?" kata Justin kepada wartawan, Jumat (18/2).

Justin meminta Anies segera melaksanakan putusan pengerukan total Kali Mampang. Dia menyebut banjir merupakan masalah Jakarta dari tahun ke tahun.

"Masalah kita dari dulu itu kan banjir. Ya, nggak akan hilang, kalau Pemprov DKI-nya juga tidak serius menanggapi permasalahan ini. Kami minta Pak Anies untuk segera mengeruk total Kali Mampang dan membangun turap. Jangan ditunda-tunda lagi. Ini sudah masuk puncak musim hujan. Masalah kapan akan banjir, kan tidak bisa ditunda-tunda juga. Jadi tolong, disegerakan. Prioritaskan, tuntaskan," tutur Justin.


(rfs/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT