ADVERTISEMENT

PSI Serang Anies Kebanyakan Manggung, PKS Membela

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 19 Feb 2022 05:21 WIB
M Taufik Zoelkifli
M Taufik Zoelkifli (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta membela Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang disindir PSI terkait putusan PTUN Jakarta agar mengeruk Kali Mampang. PKS DKI Jakarta menyebut tak mungkin menghilangkan banjir secara keseluruhan.

"Pengurusan banjir tidak ada penundaan. Sudah berjalan sesuai dengan aspirasi bottom-up (dari bawah, dari rembuk RW, musrenbang, KUA PPAS, RAPBD, APBD). Dan dari top-down (RPJMD dan juga masukan/usulan dari DPRD)," kata Sekretaris I Fraksi PKS DPRD DKI M Taufik Zoelkifli kepada wartawan, Jumat (18/2/2022).

Taufik menilai penanganan banjir makin baik di Jakarta. Taufik mengaku merasakan pada 2020 termasuk korban banjir di wilayah Kayu Putih, tapi kemudian dinas terkait bersama para wali kota bergerak membuat program penanganan banjir.

"Saya menyaksikan/meninjau sendiri pembuatan polder-polder penangkal banjir di banyak titik di Jakarta. Tahun 2021 kemarin dan 2022 saat ini daerah saya yang dulunya banjir sudah tidak banjir lagi," ujar Taufik.

"Tentu saja tidak mungkin melenyapkan banjir sampai nol persen. Tapi saya mengapresiasi kerja keras Pemda Jakarta tiga tahun belakangan ini menghalau banjir," tegasnya.

Sebut Pemprov DKI Tak Akan Banding

Taufik melihat bahwa Anies serius menangani banjir. Putusan PTUN menurut Taufik akan dipatuhi oleh DKI dan tidak akan banding.

"Sebenarnya walaupun tidak ada gugatan ataupun putusan PTUN, pengerukan Kali Mampang dan kali-kali/sungai lainnya akan terus dikerjakan. Karena itu sudah masuk musrenbang dan bahkan APBD tahun-tahun sebelumnya dan sampai tahun terakhir ini," sebut Taufik.

Taufik mengatakan sudah bertanya ke Anies, dan jawabannya DKI tak akan banding terhadap putusan PTUN. Sebab, kata Taufik, pengerukan Kali Mampang pekerjaan setiap hari.

"Saya sudah tanya Sekda dan para Asisten Sekda di DKI Jakarta, bahkan tanya ke Gubernur apakah tindakan yang akan diambil pemda atas tuntutan itu? Mereka menjawab, tidak akan banding. Karena memang tuntutan itu pekerjaan mereka sehari-hari," ucapnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Momen Anies-Ridwan Kamil Adu Penalti, Siapa yang Menang?':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT