ADVERTISEMENT

Bamsoet Berharap KKN Kebangsaan 2022 Bisa Perkuat Ketahanan Pangan

Zefanya Aprilia - detikNews
Kamis, 17 Feb 2022 19:21 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2022 yang akan diselenggarakan Universitas Palangkaraya bersama 87 perguruan tinggi dari berbagai wilayah di Indonesia. Ia mengatakan, KKN Kebangsaan 2022 akan akan dikolaborasikan dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

"Terlebih, KKN Kebangsaan 2022 akan mengusung tema tentang Food Estate menuju Kedaulatan Pangan Nasional, yang salah satu proyeknya akan dikembangkan di Kalimantan Tengah. Tepatnya di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisang, yang menjadi lokasi pelaksanaan KKN Kebangsaan 2022," ujar Bamsoet usai menerima panitia KKN Kebangsaan 2022 di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Melalui KKN Kebangsaan 2022, ia berharap mahasiswa bisa memberikan sumbangsih terhadap pengembangan food estate (lumbung pangan) yang saat ini sedang dikerjakan pemerintah pusat bersama pemerintah provinsi Kalimantan Tengah. Khususnya dari sisi pemberdayaan petani lokal setempat.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menerangkan, urgensi penanggulangan krisis pangan telah lama disuarakan sejak April 2008. Tepatnya dalam Spring Meeting International Monetary Fund (IMF), dimana President World Bank Robert Zoellick memperingatkan bahwa sekitar 100 juta penduduk miskin dunia akan bertambah miskin karena melonjaknya harga pangan. Sementara Managing Director IMF Dominique Strauss Kahn memperingatkan bahwa dunia akan dilanda kelaparan massal jika harga pangan terus meningkat.

"Sebagai negara yang memiliki kualitas lahan yang subur, Indonesia memiliki kewajiban moral untuk tidak hanya menjadi lumbung pangan nasional. Melainkan juga harus menjadi lumbung pangan dunia," pungkas Bamsoet.

Ia menjelaskan, UU No.41/2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan telah menjamin hak atas pangan sebagai hak asasi setiap warga negara. Bamsoet menambahkan, Presiden Joko Widodo sejak tahun 2020 telah melaksanakan pengembangan lumbung pangan (food estate) di Kalimantan Tengah. Sebagaimana tertulis dalam Perpres No.109/2020 tentang Perubahan Perpres No.3/2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional.

Maka dari itu, Bamsoet mengatakan lumbung pangan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, akan dibangun di lahan seluas sekitar 165 ribu hektar. Konsep pengembangan pangan akan dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

"Sebagai tahap awal, pada tahun 2020 terlebih dahulu digarap lahan seluas 30.000 ha sebagai model percontohan. Hingga akhir tahun 2021 lalu, sudah 29.032,5 hektar (98,8 persen) lahan yang tertanam padi. Sudah dipanen sekitar 15.862 hektar, dengan produktivitas hasil panen mencapai 6 ton per hektar," tandasnya.

Sebagai informasi, KKN Kebangsaan 2020 akan diselenggarakan bulan Juli-Agustus 2022 di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Jumlah pesertanya sekitar 1.500, terdiri dari 800 mahasiswa perguruan tinggi dari berbagai wilayah, 300 mahasiswa dari Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN Barat), dan 400 mahasiswa Universitas Palangkaraya.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT