Hut Ke-65, Astra Akan Gelar Virtual Event hingga Experiential Learning

ADVERTISEMENT

Hut Ke-65, Astra Akan Gelar Virtual Event hingga Experiential Learning

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 17 Feb 2022 13:53 WIB
Deretan gedung pencakar langit menghiasi wajah Jakarta. Hari ini, salah satu gedung tertinggi diresmikan, yaitu Menara Astra.
Foto: Dok
Jakarta -

Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-65, Astra akan menggelar berbagai virtual event yang dapat diakses masyarakat di seluruh Indonesia. Mengusung tema 'Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama', Astra ingin mengajak seluruh masyarakat untuk terus dapat tumbuh bersama Indonesia.

"Di 65 tahun Astra dengan tema 'Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama', walaupun usianya kalau manusia sudah mendekati senior, tapi kita Astra ingin terus menebarkan aura positif. Indonesia ini bangsa yang besar, jadi kami ingin insan Astra dan publik terus bergerak dan tumbuh bersama Indonesia," ujar Chief of Corporate Human Capital Development Astra Aloysius Budi Santoso dalam acara Press Conference HUT ke-65 Astra, Kamis (17/2/2022).

Budi menyampaikan melalui event ini, Astra akan menghadirkan berbagai acara berkonsep berkonsep virtual event dan virtual exhibition dengan tema yang beragam. Acara ini juga dapat diikuti tak hanya oleh insan Astra, melainkan seluruh masyarakat Indonesia.

"Karena kebetulan kondisi masih pandemi, jadi konsepnya adalah virtual. Tentu tanpa mengurangi keseruan acara, jadi ada virtual event dan virtual exhibition, yang bisa diakses oleh publik melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live, dari tanggal 22-26 Februari 2022. Dan ini bisa disaksikan oleh semua orang dari Sabang-Merauke. Dan semuanya free of charge," ungkapnya.

Pada virtual event, Astra akan menghadirkan acara InnovNation dengan tema 'Transforming InnovNation Sustainability'. Melalui event ini, Astra mengajak masyarakat untuk menyaksikan webinar inspiratif dari para pembicara terkemuka yang ahli di bidangnya dalam mengelola solusi inovatif dan berkelanjutan.

"Pertama tentu esensinya dalam inovasi dan sustainability. Maka kita punya pertama adalah InnovNation, dengan tema Transforming InnovNation Sustainability. Di sana ada keynote speech Pak Menteri Nadiem Makarim, kemudian ada COO of Ruang Guru, Imam Busman, dan pembicara lain, termasuk dari internal Astra," katanya.

Selain itu, masyarakat dapat mempelajari dan mengimplementasikan ilmu dari para narasumber melalui acara Experiential Learning. Masyarakat juga dapat menyaksikan berbagai instalasi produk, inovasi, dan sustainability showcase dari Grup Astra yang ditampilkan dalam bentuk virtual exhibition.

"Kemudian kita lengkapi juga dengan Experiential Learning yang sifatnya workshop, kalau tadi (virtual event) bersifat webinar. Acara ini juga terkait dengan sustainability. Itu (bisa disaksikan) di tanggal 24-25 Februari," katanya.

"Kita juga melakukan yang namanya Digital Innovation and Technology Competition. Ada lebih dari 310 perguruan tinggi SMA/SMK yang ikut dalam kompetisi ini sejak Desember kemarin. Dan minggu depan mereka akan tampil sebagai finalis dan kita akan umumkan juaranya," lanjutnya.

Sesuai dengan tema HUT ke-65 Astra, sepanjang tahun ini Astra juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut semangat bergerak dan tumbuh bersama lewat gerakan #SemangatSalingBantu. Gerakan ini mengajak masyarakat untuk yang untuk menghemat air dan energi di setiap aktivitas, memilah sampah, mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, merawat dan menanam tanaman, hingga menerapkan pola hidup sehat.

Adapun setiap satu unggahan pesan melalui tulisan, foto, atau pun video ke media sosial akan dikonversikan menjadi satu paket bantuan untuk masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"Ada juga social movement bagaimana publik dan insan Astra menghemat air, menerapkan pola hidup sehat, kemudian di-posting di #SemangatSalingBantu dan kemudian kita konversikan menjadi support ke para yang terdampak COVID-19. Khusus untuk internal Astra, kita punya yang namanya virtual challenge berupa virtual cycling, running, dan walking yang juga dikonversikan untuk Indonesia. Melalui 65.000 pohon, 6.500 kantong darah, 650 panel surya, dan 650 paket beasiswa. Ini sebuah gerakan bersama bukan hanya buat kami, tapi untuk bersama," kata Budi.

Di tahun ke-65 ini, Budi berharap Astra dapat terus berkontribusi bagi bangsa Indonesia yang lebih baik ke depannya.

"Harapan agar selalu sejalan dengan apa yang menjadi mimpi yang ditulis di filosofi pertama catur dharma kita. Bagaimana kita bisa sejahtera bersama bangsa, bagaimana kita bisa aset milik bangsa, bagaimana kita bisa menjadi kebanggaan bangsa," ujarnya.

"Itu akan menjadi mimpi yang kita pertahankan. Karena astra sekarang ada 240 company, 188 ribu karyawan dengan rantai-rantainya, Astra berharap bisa menjadi pohon yang dapat menaungi orang banyak untuk Indonesia yang lebih baik," pungkasnya.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT