Dorong Pola Hidup Sehat Masyarakat, Astra Gelar Festival Kesehatan

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 19:09 WIB
Festival Kesehatan Astra
Foto: Astra International
Jakarta -

PT Astra International Tbk menggelar Festival Kesehatan Astra 2021 hari ini. Acara ini digelar guna meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap persoalan kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Mengusung tema 'Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku', festival ini juga hadir dengan semangat, kerja sama, kolaborasi dan gotong royong dalam membangun pola hidup sehat melawan COVID-19.

"Program Astra untuk Indonesia Sehat berfokus pada peningkatan kesehatan ibu, remaja, anak, serta lingkungan, dan tentunya penanggulangan COVID-19," ujar Direktur Astra, Gita Tiffani Boer dalam keterangan tertulis, Selasa (16/11/2021).

"Oleh karena itu, Astra berkomitmen kuat untuk berperan serta dalam perbaikan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui program kontribusi sosial berkelanjutan pada pilar kesehatan yang sejalan dengan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia," imbuhnya.

Sejak bulan lalu, Gita menyampaikan Festival Kesehatan Astra 2021 telah menghadirkan sederet rangkaian kegiatan. Salah satunya kegiatan virtual sports seperti kompetisi sepeda hingga lari yang diikuti oleh lebih dari 2.000 peserta.

Astra juga turut menghadirkan Health Talks dengan tema 'Hidup Sehat Ala Anak Muda' dengan narasumber Healthy Lifestyle Influencer Laissti Timuran, Dokter & Figur Publik dr. Reinita Alin, serta Department Head of CSR Astra Bondan Susilo.

Adapun tiap-tiap narasumber mengangkat tema yang berbeda, mulai dari bodybuilding, nutrition & healthy lifestyle serta remaja sehat.

Selain itu, Astra juga memberikan apresiasi kepada para anggota binaan berupa Apresiasi Posyandu Nasional Astra 2021, Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan Astra (AORTA) Innovation Challenge 2021, dan penghargaan untuk pemenang virtual sports pada pre-event Festival Kesehatan Astra 2021.

Dalam Festival Kesehatan Astra 2021, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin turut hadir dan memberi sambutan secara virtual. Muhadjir menilai festival ini merupakan kegiatan yang mulia karena mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi terkait Festival Kesehatan Astra 2021 dengan tujuan yang mulia, yaitu mengampanyekan gaya hidup sehat kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di kalangan anak muda yang sejalan dengan tema hari ini yaitu Hidup Sehat Ala Anak Muda," ungkapnya.

Sementara itu, Budi mengapresiasi upaya Astra yang terus berupaya menggelar kegiatan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Terlebih menurutnya, gaya hidup sehat menjadi kunci untuk tetap beraktivitas di tengah pandemi.

"Saya berterima kasih kepada Astra yang secara rutin menyelenggarakan kegiatan kesehatan. Hal ini mendorong pembangunan berkelanjutan dengan tujuan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat pada semua lapisan masyarakat. Hal ini menjadi kunci dalam menjalankan aktivitas sehari-hari pada semua kelompok usia, khususnya di masa pandemi COVID-19," pungkasnya.

Sebagai informasi, kontribusi sosial berkelanjutan Astra di bidang kesehatan dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia melalui pembinaan 133 Kampung Berseri Astra, 2.465 posyandu, 9.881 kader kesehatan (Avicenna), serta 1.559 posyandu telah tergabung dalam aplikasi iPosyandu. Salah satu fokus baru adalah melakukan upaya pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19 bersama Grup Astra dan Yayasan melalui Nurani Astra.

Kontribusi Astra kepada pelayanan kesehatan di Indonesia sejalan dengan tujuan Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

(ncm/ega)