ADVERTISEMENT

Profil 7 Anggota KPU yang Disetujui DPR, Siapa Mereka?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 17 Feb 2022 12:06 WIB
Jakarta -

Komisi II DPR RI telah menyetujui tujuh nama anggota KPU periode 2022-2027. Nama-nama anggota KPU selanjutnya akan dibawa ke rapat paripurna untuk selanjutnya diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Siapa saja mereka?

Tujuh nama tersebut ditetapkan Komisi II DPR RI seusai proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test, Kamis (17/2/2022), sekitar pukul 01.30 WIB. Komisi II juga menetapkan lima nama anggota Bawaslu.

Rapat penetapan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia dan Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus dan Sufmi Dasco Ahmad.

"Berdasarkan pertimbangan itu semua, pada akhirnya setelah kita lakukan simulasi berbagai hal, berbagai cara, maka kita putuskan kita tetapkan urutan 1-14 di mana 1-7 adalah yang terpilih untuk menjadi calon anggota KPU yang akan dilantik oleh Presiden nanti," kata Doli saat rapat di gedung MPR/DPR, Jakarta.

Dirangkum dari laman KPU dan DKPP, berikut ini ketujuh profil singkat sosok yang telah diputuskan oleh Komisi II DPR RI menjadi anggota KPU periode 2022-2027:

1. Betty Epsilon Idroos

Betty Epsilon Idroos menjadi satu-satunya perempuan dalam daftar anggota KPU periode 2022-2027. Betty lahir dan besar di Medan di tengah keluarga sederhana. Lulus SMA, Betty berhasil masuk Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan sosial-ekonomi lewat jalur undangan khusus PMDK.

Di IPB-lah Betty, yang semasa SMP dan SMA aktif di keorganisasian sekolah, mengenal dunia pemilu dan proses di baliknya. Dia terpilih sebagai salah satu anggota sukarelawan UNFREL, sebuah lembaga swadaya masyarakat, untuk mengawasi Pemilu 1999 di daerah Jasinga, Bogor.

Selanjutnya, ketika melanjutkan studi S2 di jurusan Ilmu Politik Universitas Indonesia berkat beasiswa IIEF Ford Foundation, ia ikut menggawangi Voter Education Program tingkat nasional, yang bertujuan mengedukasi mahasiswa dalam menghadapi Pemilu 2004.

Betty juga pernah bergabung dengan LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial) sebagai asisten peneliti.

Pada 2018, Betty kemudian terpilih menjadi Ketua KPU DKI Jakarta periode 2018-2023.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT