ADVERTISEMENT

Pengacara Buka Peluang Hadirkan Rizieq Jadi Saksi di Sidang Munarman

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 17:51 WIB
Jakarta -

Kuasa hukum Munarman, Aziz Yanuar, mengatakan pihaknya membuka peluang untuk menghadirkan Habib Rizieq Shihab dalam sidang Munarman. Aziz mengatakan pihaknya akan melihat terlebih dulu kondisi Habib Rizieq.

"Ya akan diupayakan, tapi kecil kemungkinan, kita lihat nantilah," ujar Aziz di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Rabu (16/2/2022).

Diketahui saat ini Habib Rizieq tengah menjalani masa tahanan di Bareskrim Polri. Aziz menyebut takut terjadi kontraproduktif dengan kondisi Rizieq bila dijadikan saksi.

"Karena saat ini juga masih ditahan, nanti malah kontraproduktif dengan posisi Habib Rizieq sendiri," kata Aziz.

Meski begitu, Azis menilai, dari sisi kompetensi, Rizieq bagus untuk dihadirkan. Namun kemungkinan Rizieq untuk hadir disebut kecil.

"Sebenarnya dari sisi kompetensi sangat bagus dan baik menghadirkan Habib Rizieq Shihab. Tapi karena faktor kondisi beliau, maka kecil kemungkinannya," tuturnya.

Munarman telah diperiksa sebagai terdakwa dalam persidangan. Sidang akan kembali dilanjutkan dengan agenda saksi meringankan pada Senin (21/2).

Dalam perkara ini, Munarman didakwa mendorong orang lain melakukan perbuatan terorisme. Selain itu, jaksa menyebut Munarman telah berbaiat kepada pimpinan ISIS Abu Bakar Al Baghdadi pada 2014.

Ada pula, disebutkan jaksa, Munarman mengikuti berbagai kegiatan yang berisi baiat. Adapun tempatnya adalah Sekretariat Front Pembela Islam (FPI) Kota Makassar-Markas Daerah Laskar Pembela Islam (LPI), Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Sudiang, Makassar, dan di aula Pusbinsa kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Perbuatan Munarman itu dilakukan dalam kurun 2015.

(dwia/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT