ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Jl HR Rasuna Said Menanti Perbaikan, Anggota DPRD DKI: Anggaran Tersedia

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 13:50 WIB
Jl HR Rasuna Said Jakarta Selatan rusak, 15 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jl HR Rasuna Said Jakarta Selatan rusak, 15 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Ruas Jl HR Rasuna Said masih mengalami kerusakan. Perbaikan permanen belum dilakukan. Anggota DPRD DKI dari PDIP Pantas Nainggolan menjelaskan anggaran perbaikan jalan di APBD DKI 2022 sudah tersedia, maka perbaikan jalan seharusnya bisa dijalankan.

"Secara otomatis maka dapat dikatakan, APBD tahun 2022 sudah diberlakukan, jadi pembangunan itu tinggal eksekusi dari Dinas terkait saja, sudah tidak ada kendala," kata anggota DPRD DKI, Pantas Nainggolan, saat dihubungi, Rabu (16/2/2022).

Pantas adalah Penasihat Fraksi PDIP yang duduk di Komisi D DPRD DKI, komisi yang membidangi pekerjaan umum. Perbaikan jalan protokoler di Ibu Kota kini telah bisa dilakukan. Sebelumnya, pada awal Januari, APBD DKI 2022 memang belum bisa digunakan langsung karena masih dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri. Namun kini, proses di Kemendagri dinyatakannya sudah selesai.

"Terkait APBD DKI yang beberapa waktu lalu diminta untuk diperbaiki dari Kemendagri itu sudah selesai," kata dia.

Ia pun memastikan bahwa pemeliharaan untuk jalan protokol di Ibu Kota setiap tahun selalu dianggarkan. "Akan tetapi memang terkait kemana anggarannya kita kan tidak tahu," ujarnya.

Jl HR Rasuna Said Jakarta Selatan rusak, 15 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Jl HR Rasuna Said Jakarta Selatan rusak, 15 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Ruas Jl HR Rasuna Said yang mengalami kerusakan ada di Mampang arah Menteng menjelang Halte TransJakarta Setiabudi Utara. Sekilas riwayat tambal sulam kerusakan jalan ini, perbaikan sudah dilakukan pada 18 Januari lalu. Setelah itu, jalanan sempat rata. Namun kemudian, jalanan rusak lagi. Jalanan ini juga pernah ditambal pada 17 Desember 2021. Saat itu, penambalan memang tidak terlalu mulus.

"Untuk perbaikan secara permanen dan menyeluruh sudah kita anggarkan di tahun 2022," kata Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho, 17 Desember 2021 saat itu. Namun, kata Hari, perbaikan permanen juga perlu menunggu kelarnya proyek LRT. Sebagaimana diberitakan detikcom, proyek LRT itu sendiri bakal rampung Agustus nanti.

(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT