PAN Buru-buru Buka Pendaftaran Caleg 2024: Kami Terbuka ke Semua Golongan

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 04:05 WIB
Yandri Susanto
Yandri Susanto (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Partai Amanat Nasional (PAN) mulai membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) meski gelaran pemilu masih hitungan tahun ke depan. PAN mengaku ingin mendapatkan putra-putri terbaik bangsa, sekaligus juga ingin memastikan bakal terbuka kepada semua golongan.

"Kami mengundang masyarakat bergabung sebagai caleg PAN, agar nantinya bila terpilih bisa memberikan kontribusi yang berarti karena ikut terlibat dalam merancang undang-undang yang mempengaruhi kehidupan bangsa," kata Ketua Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN Yandri Susanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/2/2022).

Yandri menuturkan PAN adalah partai yang mengusung pemikiran 'partai tengah'. Wakil Ketua Umum PAN itu menyebut PAN partai yang pluralis, modern, dan terbuka untuk semua golongan.

"PAN itu partai tengah, tidak ke kanan dan ke kiri, kami partai nasionalis, Islam tengah, pluralis dan modern, dan kami terbuka untuk semua golongan. Bahkan kami juga terbuka untuk anak- anak muda," ucap Yandri.

Sebagai buktinya, Yandri menyebutkan sejumlah nama kader partai berlambang matahari putih dari beragam latar belakangnya. Mulai dari kalangan profesional, artis hingga tokoh Muhammadiyah.

"Ada Gus Ahmad Abdul Qodir dari Ponpes Syekh Abdul Qodir Jailani di Probolinggo, tokoh Muhammadiyah Dr Ade Tauhid. Ada Atep pemain sepak-bola nasional, Gita Sinaga kalangan artis. Yang jelas, PAN akan tampil dengan wajah buru dan energi baru dalam pemilu 2024 nanti," kata Yandri.

PAN pun bakal menyiapkan sejumlah pelatihan untuk para calegnya. Soal strategi pemenangan hingga kampanye jadi salah satu pelatihan yang bakal disiapkan oleh PAN.

Seperti diketahui, KPU telah menetapkan Pemilu 2024 bakal digelar pada 14 Februari 2024. Rencana KPU, pengajuan daftar caleg DPR dan DPRD bakal digelar pada 1-14 Mei 2023.

Untuk penetapan daftar calon tetap (DCT) bakal dilakukan pada 11 Oktober 2023. Baru kemudian masa kampanye pada 21 Januari-10 Februari 2024.

(zak/eva)