ADVERTISEMENT

Pegadaian Dorong Jiwa Wirausaha Mahasiswa USU Lewat Creative Lounge

Muhamad Yoga Prastyo - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 12:27 WIB
The Gade Creative Lounge ini merupakan fasilitas penunjang pendidikan dengan konsep co-working space yang dilengkapi ruang rapat terbuka maupun tertutup.
Foto: Dok. Pegadaian
Jakarta -

PT Pegadaian meresmikan fasilitas The Gade Creative Lounge di Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (14/2). Hal tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan PT Pegadaian dalam mendorong milenial, khususnya mahasiswa untuk menjadi entrepreneur.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan Gondang Sembilan oleh Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Damar Latri Setiawan, dan Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, The Gade Creative Lounge ini merupakan fasilitas penunjang pendidikan dengan konsep co-working space yang dilengkapi ruang rapat terbuka maupun tertutup. Fasilitas ini diharap dapat meningkatkan semangat belajar dan minat diskusi serta mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam banyak bidang.

"Rasio kewirausahaan Indonesia saat ini masih berada di angka 3,47, berada jauh di bawah Singapura di angka 8,76. Upaya ini untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan rasio menjadi minimal 4 di tahun 2024," ujar Kuswiyoto dalam keterangan tertulis, Selasa (15/2/2022).

"Oleh karena itu peresmian ini diharapkan semakin meningkatkan sinergi bagi jajaran civitas akademika USU, Pegadaian, dan pemerintah kota dalam menciptakan UMKM-UMKM baru," sambungnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama yang telah dilakukan antara Pegadaian dengan pihak universitas. Ia berharap, fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas dari mahasiswa.

"The Gade Creative Lounge ini ibarat pintu masuk utama untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif. Karena fasilitas ini bisa mendukung kreativitas berinovasi sesuai program merdeka belajar, di mana USU dituntut untuk melahirkan mahasiswa yang lulus dengan memiliki skill dan kreativitas untuk mandiri menghidupi diri sendiri," jelas Muryanto.

Lebih lanjut, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution pun turut mengapresiasi Pegadaian yang telah menyediakan The Gade Creative Lounge di Universitas Sumatera Utara. Bobby berharap, fasilitas seperti ini dapat dimanfaatkan anak-anak muda di Medan untuk belajar dan mengembangkan kariernya sebagai pengusaha.

"Sejauh ini di Medan memang sudah ada beberapa tempat untuk memfasilitasi milenial yang ingin berkarir di bidang politik, bisnis, ekonomi dan bidang lainnya. Saya rasa Creative Lounge ini akan menjadi infrastruktur pendukung bagi anak-anak muda di Medan yang ingin belajar menjadi pengusaha atau entrepreneur," pungkasnya.

Dalam peresmian tersebut, turut disaksikan juga oleh para pejabat di lingkungan organisasi pemerintah daerah, kalangan civitas akademika USU serta para tamu undangan lainnya.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT