Pegadaian Bangun Creative Lounge di Perpustakaan UGM

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 11:45 WIB
Lounge Pegadaian di Perpustakaan UGM
Foto: Pegadaian
Jakarta -

PT Pegadaian meresmikan The Gade Creative Lounge di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Lounge ini bisa dimanfaatkan oleh milenial UGM untuk berkumpul maupun menuangkan ide-ide kreatif.

Adapun penandatanganan prasasti dan pemotongan pita yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Pegadaian, Kuswiyoto, didampingi Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ir. Panut Mulyono,, IPU ASEAN Eng dan Komisaris Independen PT Pegadaian, Muhammad Sulhan Fauzi.

Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto mengatakan peresmian pada Selasa (7/12) ini sekaligus menjadi komitmen Pegadaian dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) guna menciptakan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, serta kesempatan belajar bagi masyarakat.

Dijelaskannya, desain The Gade Creative Lounge mengusung konsep mini co-working space, dengan sarana dan prasarana seperti layar LCD, komputer hingga perpustakaan kecil.

"Dengan dibangunnya Creative Lounge, kami ingin mewadahi keinginan anak muda untuk belajar dengan tempat yang nyaman, bersih, dan didukung dengan fasilitas yang lengkap, dan tentunya dapat memberikan manfaat positif untuk mendorong dan menunjang semangat inovasi teman teman mahasiswa," ujar Kuswiyoto dalam keterangan tertulis, Kamis (9/12/2021).

Selain menjadi tempat belajar dan berdiskusi, melalui The Gade Creative Lounge mahasiswa juga bisa mengenal lebih dalam terkait produk dan layanan Pegadaian. Sehingga diharapkan dapat mendorong minat mahasiswa untuk bergabung sebagai Agen Pegadaian.

"Kami berharap milenial UGM bisa bergabung menjadi Agen Pegadaian, karena dengan menjadi agen, mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa digunakan selama masa perkuliahan. Selain itu mereka bisa mulai mengenal dan menggunakan produk Pegadaian, salah satunya Tabungan Emas," katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.eng., IPU ASEAN Eng mengapresiasi Pegadaian atas perhatiannya dalam memajukan Pendidikan, khususnya di lingkungan UGM. Dia menilai adanya The Gade Creative Lounge di UGM membawa dampak positif dan kebermanfaatan panjang bagi mahasiswa.

"Lounge ini menurut saya memberikan sesuatu yang baru dan nyaman dengan beragam fitur yang dihadirkan. Pasalnya, dari situ bisa memunculkan kreativitas mahasiswa dan melahirkan inovasi-inovasi baru, yang nantinya bisa berguna tidak hanya bagi UGM, tetapi juga bagi Indonesia," tutur Panut.

Diketahui, pada kesempatan tersebut Pegadaian juga memberikan beasiswa tabungan emas bagi ke 6 mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan nonakademik dari beberapa fakultas. Di antaranya Anisa Nurul Azizah (Matematika dan Ipa), Felisitas Friska Dianing Puspa (Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Nanditya Nuswatama (Fakultas Teknik), Aditya Ery Wibowo (Hukum), Claresta (Kedokteran), dan Ni Kadek Dwi Puspita Sari (Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Keenam mahasiswa tersebut nantinya akan mendapatkan uang saku setiap bulannya, pelatihan skill, dan pendampingan untuk community Development.

Sebagai informasi, saat ini The Gade Creative Lounge sudah tersedia di 8 Perguruan Tinggi seperti Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Budi Luhur, Universitas Airlangga dan Universitas Sumatera Utara. Rencananya, loung ini bakal segera hadir di beberapa perguruan tinggi lainnya baik swasta maupun negeri yang tersebar di seluruh Indonesia.

Simak juga 'Holding Ultra Mikro Bisa Jadi Lokomotif Ekonomi Nasional':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)