ADVERTISEMENT

RK Klaim TPPAS Lulut-Nambo Kab Bogor Segera Beroperasi

Dwi Rahmawati - detikNews
Senin, 14 Feb 2022 19:51 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Sui/detikcom
Kota Depok -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengatakan Tempat Pengelolaan dan Pemprosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo Kabupaten Bogor akan segera operasi. Namun RK belum lugas menyebut perkiraan waktu operasi TPPAS tersebut.

"Saya belum hafal teknisnya karena baru dirapatkan. Nanti saya kabarkan secepatnya. Tapi sudah dekat-dekat bisa beroperasi," ujar RK dalam acara groundbreaking Pembangunan Simpang Tidak Sebidang, Depok, Senin (14/2/2022).

Kang Emil, sebutan akrab Ridwan Kamil, mengatakan Pemprov Jawa Barat (Jabar) memprioritaskan pembangunan TPPAS tersebut. Begitu TPPAS Lulut-Nambo dibuka, sampah dari Kota Depok bisa langsung masuk ke TPPAS.

"Kami sudah janji dengan Pemkot Depok, bahwa prioritas, bahwa Nambo itu selesai secara teknis kota pertama yang langsung memanfaatkan dengan maksimal itu Depok," ujarnya.

Seperti diketahui, pembangunan TPPAS Lulut-Nambo sudah dimulai sejak 2018. Akan tetapi proyek sempat molor lantaran masalah dengan kontraktor, yakni PT Jabar Bersih Lestari (JBL).

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono sempat menyebut perizinan pembuangan sampah ke sana sudah rampung. Rencananya, awal Februari produksi sampah di Kota Depok dikirim ke tempat sampah raksasa di Kabupaten Bogor tersebut.

"Semuanya sudah selesai, mudah-mudahan bisa dilakukan pertengahan Februari. Depok dapat jatah 350 ton per hari," kata Imam kala itu di Taman Merdeka, Sukmajaya, Jumat (21/1/2022).

Sampah di Depok yang capai 1.000 ton per hari lebih tinggi dari jatah yang diberikan TPPAS Nambo. Nantinya, sisa sampah yang masih ada disalurkan dahulu ke TPPAS Cipayung.

"Sementara masih di Cipayung, kita berharap bisa diminimalisir dengan cara diolah masyarakat," pungkas Imam.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT