ADVERTISEMENT

Temuan Komnas HAM di Wadas: Ada Kekerasan Polisi Saat Amankan Pengukuran

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Minggu, 13 Feb 2022 09:37 WIB
Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara di Desa Wadas, Sabtu (12/2/2022).
Beka Ulung (Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Jakarta -

Komnas HAM turun langsung ke Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, untuk melakukan pemantauan dan menggali fakta terkait insiden bentrokan yang terjadi beberapa waktu lalu di sana. Ada sejumlah fakta yang ditemukan Komnas HAM, yakni kekerasan yang dilakukan aparat kepolisian kepada warga saat melakukan pengamanan.

"Menemukan fakta adanya kekerasan yang dilakukan aparat kepolisian dalam pengamanan pengukuran lahan warga yang sudah setuju," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsari, melalui keterangan tertulis, Minggu (13/2/2022).

Beka menuturkan Komnas HAM juga menemukan fakta lainnya, yakni masih ada beberapa warga yang belum berani kembali ke rumah masing-masing. Sejumlah warga itu, kata Beka, belum kembali ke rumah karena masih merasa takut.

"Mendapati informasi beberapa warga belum pulang ke rumah masing-masing karena masih merasa ketakutan," tuturnya.

Beka menyampaikan dari hasil temuan didapati masih banyak anak yang mengalami trauma. Selain itu, ada kerenggangan sosial antar-sesama masyarakat yang pro dan kontra adanya tambang batu andesit di sana.

"Banyak warga dewasa dan anak mengalami trauma. Mendapati fakta terjadi kerenggangan hubungan sosial kemasyarakatan antar warga yang setuju dan menolak penambangan batuan andesit," imbuhnya.

Baca Polri tegaskan tidak ada kekerasan di Wadas di halaman selanjutnya

Simak juga Video: Anggota DPR Dapil Purworejo Ini Pilih Hati-hati Sikapi Kasus Wadas

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT