ADVERTISEMENT

Anies: 9.000 Lebih Anak Jakarta Ortunya Meninggal karena COVID-19

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 12 Feb 2022 18:07 WIB
Screenshot Video YouTube Anies Baswedan.
Foto: Screenshot Video YouTube Anies Baswedan
Jakarta -

Pandemi COVID-19 belum berakhir. Di Jakarta, sudah lebih dari 9.000 anak-anak kehilangan orang tuanya karena COVID-19.

"Ada lebih dari 9.000 anak yang orang tuanya meninggal karena COVID. Sekitar 9.000 anak di Jakarta yatim atau yatim piatu karena COVID," kata Gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam akun YouTubenya, Sabtu (12/2/2022).

Anies menceritakan soal pentingnya pendataan yang transparan soal korban virus Corona. Data ini akhirnya berguna menjadi dasar penyaluran bantuan anak yang yatim, piatu, atau yatim-piatu pada saat ini.

"Jika dulu kematian orang tuanya disembunyikan, maka hari ini kita tidak bisa mengatakan bahwa orang tuanya meninggal karena COVID. Kejujuran dalam data di waktu itu memberikan kepada kita hari ini kesempatan menjalankan tanggung jawab kita," ujar Anies.

Akhirnya, Pemprov DKI kemudian melancarkan program Peduli Anak dan Remaja. Anak-anak yang ditinggal wafat orang tuanya karena COVID-19 kemudian mendapat bantuan, tidak peduli apakah dulu dia anak orang tua yang kaya atau anak yang miskin.

"Kirimkan pesan kepada setiap keluarga bahwa Pemprov DKI Jakarta melindungi setiap anak yang ditinggal oleh orang tuanya, wafat karena COVID-19. Kita tidak pilih kasih," kata Anies.

Simak juga 'Anies Sebut Kematian Pasien Covid di DKI Didominasi Belum Vaksin Lengkap':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT