Siswa Terpapar COVID-19, SD di Parepare Lockdown 10 Hari

Hasrul Nawir - detikNews
Sabtu, 12 Feb 2022 14:44 WIB
SDN 46 Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Hasrul Nawir/detikcom)
SDN 46 Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Hasrul Nawir/detikcom)
Jakarta -

SDN 46 Kota Parepare, Sulawesi Selatan, ditutup sementara. Seluruh aktivitas belajar-mengajar kembali dilakukan lewat pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kebijakan ini diambil oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare setelah empat orang siswa di sekolah tersebut terpapar COVID-19.

Mereka yang terpapar merupakan siswa kelas IV dan kelas VI sekolah tersebut. Penularan terjadi saat pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

"Setelah melakukan koordinasi dengan Sekda selaku sekretaris Tim Satgas COVID-19, diputuskan SDN 46 kita tutup selama 10 hari," urai Kadisdikbud Kota Parepare Arifuddin Idris, Sabtu (12/2/2022).

Arif membeberkan virus Corona yang menyebar di SDN 46 awalnya berasal seorang siswa yang terpapar kemudian ke sekolah dan berinteraksi dengan teman-temannya saat PTM terbatas.

"Berdasarkan tracing, seorang siswa yang terpapar COVID-19 yang terpapar dari ibunya yang merupakan perawat di RSUD Andi Makkasau. Sang ibu diketahui sempat merawat pasien suspek di RS," benernya.

Arif mengatakan saat ini selain di SDN 46, kasus COVID-19 juga ditemukan di beberapa sekolah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan kota Parepare hingga Jumat malam, tercatat sudah ada 42 kasus aktif COVID-19, 2 guru dan 6 siswa termasuk di dalamnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Parepare Iwan Asaad meminta Disdikbud mengambil langkah di tengah peningkatan jumlah kasus COVID-19 di Kota Parepare.

"Yang perlu diperketat ada dua hal, yakni lakukan percepatan vaksin usia anak usia SD dan SMP yang menjadi syarat wajib mengikuti PTM dan hanya guru yang telah divaksin mengajar di PTM terbatas, "katanya.

Mantan Kadis Kominfo Kota Parepare tersebut juga tidak menampik akan menghentikan PTM terbatas jika kasus tidak terkendali.

"Tidak menutup kemungkinan kalau ini(Kasus COVID-19) sudah tidak terkendali, kita akan hentikan (PTM terbatas)," tutupnya.

Simak Video 'Dasco Minta Pemerintah Evaluasi PTM di Wilayah PPKM Level 3':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)