ADVERTISEMENT

Laporan Susi Air terhadap Bupati Malinau Belum Diterima Bareskrim, Ini Alasannya

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 11 Feb 2022 21:28 WIB
Donal Fariz
Donal Fariz (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Susi Air melaporkan Bupati Malinau Wempi Wellem Mawa dan Sekda Malinau Ernes Silvanus terkait pengusiran pesawat Susi Air dari hanggar Malinau ke Bareskrim Polri. Namun, laporan itu belum diterima karena masih ada berkas yang kurang.

Kuasa hukum Susi Air Donal Fariz mengatakan kedatangannya ke Bareskrim Polri masih tahap koordinasi awal. Donal menyebutkan ada beberapa berkas yang harus dilengkapi.

"Koordinasi, ya koordinasi tahap awal dan seterusnya. Nanti kalau ada perkembangan, saya kabarin lagi," kata Donal saat dihubungi detikcom, Jumat (11/2/2022).

Adapun berkas yang belum dilengkapi adalah akta pendirian Susi Air dan akta RUPS. Dia menilai berkas itu tidak relevan dengan perkara yang ingin dilaporkan.

"Tadi belum (belum terbit laporan polisi) karena permintaan permintaan berkas itu yang menurut kami kurang relevan ya oleh penyelidik, seperti akta pendirian Susi Air, akta RUPS terakhir itu dimintakan," ujar Donal.

Meski begitu, Donal mengatakan pihaknya tetap akan melengkapi berkas tersebut.

"Tadi kami sudah koordinasi tahap awal dengan bagian SPKT-nya, kemudian ada beberapa permintaan dokumen yang menurut kami tidak berkaitan langsung dengan dugaan tindak pidananya seperti akta pendirian Susi Air itu harus dilegalisir dan seterusnya," jelas Donal.

"Akhirnya prosesnya berlarut di situ, permintaan dokumen-dokumen yang tidak berkaitan langsung dengan tindak pidana dan diminta legalisir pula. Jadi kami akan coba lengkapi dulu kekurangan-kekurangan dokumen yang terkait, begitu kira-kira," tambahnya.

Lebih lanjut, Donal mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi internal. Hal itu untuk melengkapi kelengkapan tersebut.

"Kami koordinasi di internal dulu untuk melihat kebutuhan kebutuhan kelengkapan," imbuh Donal.

Sebelumnya, somasi yang dilayangkan Susi Air kepada Bupati Malinau Wempi Wellem Mawa dan Sekda Malinau Ernes Silvanus terkait pengusiran pesawat Susi Air dari hanggar Malinau tidak diacuhkan. Pihak Susi Air mengancam akan melaporkan Bupati dan Sekda Malinau ke Bareskrim Polri.

"Apabila hingga pukul 24.00 WIB tidak mendapatkan respons, maka kami berencana secara resmi melaporkan dugaan tindak pidana sebagaimana Pasal 335 ayat (1) butir (1) dan Pasal 210 dan Pasal 344 huruf (a) dan (c) ke Bareskrim Mabes Polri pada Hari Jumat (11 Februari 2022), pukul 10.00 WIB," ujar kuasa hukum Susi Air Donal Fariz kepada wartawan, Jumat (11/2/2022).

Donal mengatakan somasi itu sudah dikirim sejak Senin (7/2). Namun, pihak Bupati maupun Sekda Malinau tidak merespons.

"Hingga pukul 20.00 WIB, Susi Air belum menerima respons dari Bupati dan Sekda Malinau atas somasi yang dikirimkan pada tanggal 7 Februari 2022 yang lalu," tuturnya.

(eva/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT