Masjid-Gereja di Bekasi Diminta Wara-wara Waspada Omicron-Imbauan Prokes

ADVERTISEMENT

Masjid-Gereja di Bekasi Diminta Wara-wara Waspada Omicron-Imbauan Prokes

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Kamis, 10 Feb 2022 13:26 WIB
Sejumlah warga beraktivitas usai melakukan salat Jumat di Masjid Agung Al Barkah, Bekasi, Jumat (4/2/2022).
Warga usai salat Jumat di Masjid Agung Al Barkah, Bekasi, Jumat (4/2/2022). (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Bekasi -

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan membatasi kapasitas di tempat ibadah maksimal 50%. Selain itu Pemkot Bekasi juga meminta rumah ibadah memberi pengumuman mengenai pencegahan COVID-19 varian Omicron.

"Menyampaikan Informasi dan Himbauan kepada masyarakat terkait perkembangan dan penanganan Covid-19 varian Omicron (B.1.1.529) melalui wara-wara (woro-woro) pada Rumah Ibadah (Mushola, Masjid, Geraja, Vihara, Pura, Klenteng)," kata Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, Kamis (10/2/2022).

Hal itu merupakan salah satu arahan Pemkot Bekasi yang termuat dalam Surat Edaran Nomor 443.1/145/SET.COVID-19 tentang Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dengan Protokol Kesehatan pada Rumah Ibadah di Kota Bekasi.

Pemkot Bekasi juga menyertakan rekaman audio untuk diputar di rumah ibadah. Berikut isi rekaman audio tersebut:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya Mas Tri Adhianto Plt Wali Kota Bekasi, saya Kombes Pol Hengki SIK, MH, Kapolres Metro Bekasi Kota Polda Metro Jaya, saya Kolonel Arm Iwan Apriyanto Dandim 05/07 Kota Bekasi, mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bekasi untuk selalu mentaati protokol kesehatan dengan selalu mentaati 5M.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kami Pemerintah Kota Bekasi menginformasikan kepada seluruh elemen masyarakat bahwa saat ini telah terjadi penularan lokal kasus varian baru COVID-19 jenis Omicron.

Oleh sebab itu mari kita berupaya melakukan pencegahan COVID-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas, atau tidak berpergian jika tidak mendesak.

Masyarakat diharapkan agar selalu tetap tenang dan selalu memperhatikan keberhasilan lingkungan sekitar dan juga diri sendiri. Bagi warga Kota Bekasi yang belum melakukan vaksinasi diharapkan agar melaksanakan vaksinasi di sentra vaksin terdekat.

Untuk keadaan darurat bisa menghubungi call center di 081316831813 atau 119 extention 9.

Dan untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait COVID-19 di Kota Bekasi, bisa mengunjungi website corona.bekasikota.go.id.

Jangan lengah, ayo disiplin menerapkan protokol kesehatan. Salam Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera, dan ihsan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rekaman suara imbauan dari Pemkot Bekasi tersebut dapat diunduh di sini.

Para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi yakni Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Kapolda Metro Bekasi Kota Kombes Hengki, dan Dandim 0507 Kota Bekasi Kolonel Arm Iwan Apriyanto mengimbau masyarakat untuk selalu mentaati protokol kesehatan dengan menerapkan 5M yakni mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Aturan Ibadah Saat Kota Bekasi PPKM Level 3

Kota Bekasi kini masuk kategori pemberlakuan pembatasan kegiatan (PPKM) level 3. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan membatasi kapasitas di tempat ibadah sebanyak 50 persen.

"Dalam melakukan kegiatan peribadatan keagamaan berjemaah selama penerapan PPKM Level 3 maksimal 50% dari kapasitas ruangan dan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat," ujar Tri.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Kapolda Bakal Kejar Target Vaksinasi Lansia di Kab Bekasi

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT