ADVERTISEMENT

Puan Salurkan Bantuan Dana PIP hingga BLT UMKM ke Warga Pulau Morotai

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 09 Feb 2022 10:53 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), bibit pala, hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM kepada pelajar dan warga Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut). Penyerahan bantuan dilakukan di SDN 1 Unggulan Daruba, Morotai Selatan, Selasa (8/2).

Dalam kegiatan tersebut, ada 3.732 siswa di Morotai yang mendapatkan dana PIP per tahun anggaran 2021 terdiri dari 2.098 siswa SD (masing-masing Rp 225 ribu), 1.024 siswa SMP (Rp 375 ribu), 265 siswa (Rp 500 ribu), dan 345 siswa (Rp 500 ribu). Pada kesempatan itu pula, Puan juga menyerahkan bantuan berupa laptop untuk 986 siswa Morotai.

"Gunakan untuk keperluan sekolah ya," kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (9/2/2022).

Pada kunjungan tersebut, Puan juga menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan para siswa termasuk menanyakan mereka terkait proses pembelajaran selama pandemi COVID-19.

"Wah, kalian beruntung sudah PTM. Tetap hati-hati, patuhi protokol kesehatan," kata Puan.

Tak hanya itu, Puan juga menyerahkan bantuan 5.000 bibit pala yang diberikan melalui 5 kelompok tani. Serta bantuan BLT UMKM dengan total dana senilai Rp 486 juta yang diperuntukkan bagi 156 pelaku UMKM di Morotai.

Kegiatan Puan di Maluku Utara tidak hanya sebatas menyalurkan bantuan untuk para siswa dan warga saja. Ia juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Puan berpesan agar setiap masyarakat jangan takut untuk mengikuti program vaksinasi. Sebab vaksin sudah terbukti halal, aman, dan bermanfaat untuk menjaga diri dari bahaya virus COVID-19.

"Ibu/Bapak, pulang dari sini jangan lupa ajak saudara, teman, tetangganya yang belum divaksin untuk cepat segera divaksin. Termasuk juga mengajak anak-anaknya yang belum vaksin agar divaksin," kata Puan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Unggulan Daruba Didik Wahyudi mengatakan, pihaknya berterima kasih karena Ketua DPR RI mau mengunjungi tempatnya.

"Terima kasih kepada DPR yang telah memperjuangkan siswa-siswa Morotai menerima bantuan PIP," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh pelaku UMKM setempat Yunus Mugawe. Menurut Yunus, bantuan yang diterima akan dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnisnya.

"Makanya kami terima kasih sekali ada bantuan ini," tutup Yunus.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT