ADVERTISEMENT

Jejak 5 Tahun Bebaskan Buaya 'Legendaris' Berkalung Ban di Palu

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 08 Feb 2022 13:08 WIB
Warga tangkap buaya berkalung ban di Kota Palu, Sulteng (Dok. Istimewa)
Warga menangkap buaya berkalung ban di Kota Palu, Sulteng. (Dok. Istimewa)
Palu -

Ban yang membelit leher buaya di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), akhirnya dilepaskan. Lima 5 tahun lebih ban itu melingkar di leher buaya.

Ialah Hili, warga Palu yang dikenal sebagai penyayang fatwa yang berhasil menangkap dan memotong ban di leher buaya muara tersebut.

Hili tentu tak sendiri, dia dibantu sejumlah warga lainnya menangkap sang buaya saat muncul di sisi kiri Jembatan Tiga Palu, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kota Palu, Sulteng, sekitar pukul 20.00 Wita, Senin (7/2/2022) malam tadi.

Dalam video yang viral, tampak warga berkerumun menyaksikan proses pemotongan ban yang melilit di leher buaya malang itu selama bertahun-tahun. Setelah ban itu berhasil dilepas, tim BKSDA turun tangan mengevakuasi buaya tersebut.

"Hari ini warga di sini berhasil melakukannya (membebaskan buaya dari ban melilit di leher), mungkin karena sudah terbiasa karena saya sendiri Kepala BKSDA takut saya, aduh tapi masyarakat sini mereka bisa," kata Kepala BKSDA Sulteng Haruna, Senin (7/2).

Kini buaya itu masih dalam penanganan BKSDA Sulteng. Pihak BKSDA hendak memastikan buaya itu tak terluka sebelum dilepasliarkan atau dirawat pihaknya.

"Kita mau cek dulu apakah terluka atau tidak, kita mau ukur dulu," katanya.

Awal Kisah Buaya Berkalung Ban di 2016

Dalam catatan detikcom, buaya berkalung ban itu sudah menjadi pemberitaan sejak 2016 lalu. Kisah buaya berukuran jumbo ini menjadi sorotan karena banyak banyak pihak yang iba terhadapnya.

Buaya ini juga kerap cari perhatian. Dia sering berjemur aliran air yang berada di bawah jembatan Palu. Warga juga sering ramai-ramai menonton reptil tersebut.

Seperti pada Jumat, 17 Februari 2017, saat tim detikcom tengah menumpangi mobil melewati Jembatan Palu IV yang terletak di sekitar Teluk Talise, Iwan yang mendampingi tim detikcom langsung berteriak, "Itu pasti ada buaya di bawah jembatan. Coba kita cek nanti."

Iwan mengatakan itu karena melihat sejumlah pengendara sepeda motor dan mobil berhenti di jembatan. Pengguna jalan menjulurkan kepala dan menunjuk sesuatu ke arah laut. Lalu lintas sedikit tersendat.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Buaya 'Legendaris' Berkalung Ban di Palu Sulteng Akhirnya Ditangkap!

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT