Munarman Kembali Cecar Saksi soal Cara Beri Dukungan untuk ISIS

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 19:56 WIB
Pemblokiran Rekening FPI itu Mirip Cara Zionis dan Kafir Quraisy
Munarman (Foto: Tim blak-blakan/detikcom)
Jakarta -

Saksi berinisial H mengaku menyaksikan secara terang-terangan ajakan Munarman untuk mendukung ISIS. Pernyataan saksi itu pun langsung ditepis Munarman.

Hal itu terungkap saat jaksa membacakan BAP saksi H di persidangan lanjutan kasus terorisme dengan terdakwa Munarman yang digelar tertutup di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Jalan Sumarno, Jakarta Timur, Senin (7/2/2022). Jaksa mulanya membacakan BAP saksi H terkait dukungan Munarman yang mengajak hadirin dalam seminar pada 5 April 2015 di Sumatera Utara untuk mendukung ISIS.

Berikut isi BAP-nya:

"Di BAP Saudara menurut keterangan Saudara, bahwa Munarman mengajak para audiens untuk mendukung ISIS berdiri dan berkembang di Indonesia dengan mengatakan bagaimana ISIS di Indonesia, setujukah berdiri di Indonesia yang ditanyakan kepada Saudara dari cara penyampaian pertanyaan yang diajukan Munarman kepada Saudara, apakah Munarman salah satu tokoh yang mendukung daulah Islamiyah atau ISIS jelaskan."

"Jawaban Saudara, dapat saya jelaskan bahwa dari cara Munarman menyampaikan dukungan terhadap daulah Islamiyah kepada saya, kemudian dari semangat yang ditujukan dari suara dan ekspresi wajah Munarman sangat mendukung ISIS sambil berteriak kepada audiens dengan kata-kata 'setuju ya dengan ISIS', lalu sebagian besar audiens menjawab setuju. Kemudian Munarman menanyakan kepada saya dengan kata-kata 'bagaimana komandan' lalu saya jawab di hadapan audiens maupun Munarman, Ustaz Fauzan Al Anshori bahwa ISIS tidak boleh berkembang di 8ndonesia termasuk di Sumatera Utara karena tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD tapi saya tetep melihat Munarman memprovokasi agar audiens tetap setuju dan mendukung tegaknya ISIS."

Saksi H bercerita keterangan di BAP itu berdasarkan dari kejadian saat dirinya dan Munarman menjadi pembicara dalam acara seminar di salah satu universitas di Sumatera Utara. Seminar itu bertemakan mengukur bahaya ISIS.

"Jadi temanya mengukur bahaya ISIS, namun kami tidak mengukur ke sana, hanya saya lebih memfokuskan kepada cinta kepada Tanah Air, saya sampaikan kepada audiens bahwa cinta itu adalah sayang, berarti harus merawat menjaga hal-hal yang baik kita lakukan," kata saksi H.

"Narasumber tadi Saudara saksi menyebutkan ada terdakwa, ada Ustaz Fauzan ada saksi sendiri ya?" tanya jaksa.

"Iya Bapak," jawab saksi H.

Kemudian saksi H menerima sejumlah tanya jawab dari hadirin mengenai masalah judi hingga ISIS. Saksi mengaku hanya sebentar ada di tempat seminar itu.

"Baik terima kasih Bapak, jadi sesuai dengan kesepakatan, karena saya langsung kembali setelah memberi materi pertama, jadi setelah saya memberi materi pertama itu langsung ada tanya jawab, nah tanya jawab ini beraneka ragam Bapak, satu di antaranya adalah masalah khamer, masalah judi, masalah asusila, termasuk masalah ISIS," ucap saksi H.

Simak Video: Saat Munarman Bantah Keterangan Saksi soal Ajakan Dukung ISIS

[Gambas:Video 20detik]